Kemnaker Ajak Anak Muda Teladani Keikhlasan dan Keberanian Pahlawan

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 09:52 WIB
Kemnaker Ajak Anak Muda Teladani Keikhlasan dan Keberanian Pahlawan
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak generasi muda untuk meneladani keikhlasan berkorban dan keberanian para pahlawan dalam berjuang untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan anak muda masa kini punya tugas untuk berjuang mengisi kemerdekaan dengan berkarya memajukan bangsa Indonesia.

"Kita sebagai generasi yang hidup di zaman now adalah penerus cita-cita para pahlawan. Kita harus selalu optimis, gigih, dan mempunyai semangat juang tinggi untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Pada webinar dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93 dan Hari Pahlawan tahun 2021 'Transformasi Pemuda Indonesia Zaman Now: Bersatu, Bangkit dan Tumbuh' yang digelar Pusat Pengembangan SDM Ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis (4/11), Anwar menjelaskan sejarah pergerakan pada tahun 1908 hingga 1928 adalah gerakan moral membangkitkan kesadaran secara nasional yang dipelopori oleh pemuda.

Hal itu karena pemuda memiliki posisi strategis dan istimewa untuk mendorong perubahan. Menurutnya, sifat pemuda yang inovatif dan progresif perlu dipupuk sebagai modal pembangunan untuk menyejahterakan bangsa Indonesia.

"Jadikan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan sebagai momentum kita bersatu dan bangkit untuk Indonesia tumbuh dan maju," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Ketenagakerjaan Helmiaty Basri menambahkan momentum Sumpah Pemuda menjadi bukti generasi muda sebagai motor pergerakan telah membuat terobosan dan memberikan kontribusi dalam merebut kemerdekaan. Tidak hanya pemuda yang berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia, namun ada pengorbanan para pahlawan.

"Momen Sumpah Pemuda yang berdekatan dengan Hari Pahlawan kita peringati dengan mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan bangsa dan melanjutkan perjuangan," tandasnya.

(akd/ega)