Deretan Kecelakaan di Tol Cipali 2 Bulan Terakhir

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 13:45 WIB
Mobil Ditumpangi Dekan Peternakan UGM
Mobil yang ditumpangi Dekan Fakultas Peternakan UGM (Istimewa)
Jakarta -

Kecelakaan di ruas Tol Cipali sering terjadi dua bulan terakhir ini. Beberapa di antaranya bahkan mengakibatkan korban jiwa.

Terbaru misalnya kecelakaan di Tol Cipali yang menewaskan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tiga hari sebelumnya, kecelakaan juga terjadi di Km 119+600 Tol Cipali. Kecelakaan ini juga memakan korban jiwa.

Dirangkum detikcom, Kamis (4/11/2021) berikut ini deretan kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali dua bulan terakhir ini.

1. Km 113


Kecelakaan maut itu terjadi di Kilometer 113 (jalur B) atau dari arah Cirebon menuju Jakarta, Kamis (4/11/2021) dini hari. Minibus ditumpangi Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) I Gede Suparta Budisatria dan sejumlah orang ini diduga menabrak truk yang berada di depannya. Insiden tersebut menewaskan I Gede Suparta Budisatria, sedangkan tiga orang lainnya termasuk sopir mengalami luka berat dan ringan.

Penyebab kecelakaan masih ditelusuri polisi. Guna mengusutnya, polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengecek kamera CCTV di area kecelakaan maut tersebut.

"Kita masih melakukan pendalaman. Kita membagi tim, ada yang memeriksa korban, olah TKP dan saksi di lapangan atau petunjuk lainnya," ujar Kasat Lantas Polres Subang AKP Lucky Martono saat dihubungi detikcom via telepon, Kamis (4/11/2021).

Lucky menjelaskan pihaknya tidak akan menduga-duga soal penyebab kecelakaan. Hasil itu akan muncul setelah pihaknya rampung menyelidiki.

Selain memeriksa saksi, petugas berkoordinasi dengan pihak pengelola Tol Cipali untuk memeriksa CCTV yang terpasang di jalur tersebut. "Kita akan mencari petunjuk dari CCTV. Apakah ada yang mengarah ke TKP atau ada petunjuk lain yang bisa memberikan informasi terkait kecelakaan dan identitas kendaraan yang terlibat," tutur Lucky.