ADVERTISEMENT

Membaca Maksud Gatot Nurmantyo Puji-puji Andika Perkasa

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 13:34 WIB
Jenderal Gatot Nurmantyo saat hadiri acara Blak-blakan bersama detikcom
Gatot Nurmantyo (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo memuji calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang selalu melampaui harapannya. Sebagai senior, Gatot dinilai wajar mencari panggung memuji juniornya.

Pakar militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, awalnya menilai pujian Gatot kepada Andika justru terlambat dibanding senior TNI lainnya. Dukungan Gatot juga dinilai bentuk kekompakan TNI meski ada sejumlah 'gerbong'.

"Gatot bukan satu-satunya senior yang memuji Andika. Ada banyak tokoh yang bahkan sejak awal sudah menyatakan dukungan dan menilai Andika layak jadi Panglima TNI. Misalnya Pak TB Hasanuddin. Justru Gatot telat, kenapa baru sekarang?" kata Fahmi kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

"Tapi apa pun, dukungan itu sekaligus menunjukkan bahwa perbedaan pandangan, sikap, atau bahkan faksi di tubuh TNI itu, tidak pernah membuat perpecahan itu benar-benar nyata. Pada momen-momen tertentu, soliditas dan penghormatan selalu tampak. Apalagi kalau terkait pihak di luar TNI," imbuhnya.

Puji Gatot kepada Andika Perkasa pun dinilai wajar jika dianggap sebagai mencari panggung. Gatot bercerita pernah gagal menaikkan pangkat Andika menjadi kolonel ketika Andika masih menjadi bawahan Gatot.

"Ya wajar juga, ini kan waktu yang baik untuk mencari panggung. Ada sekian banyak perbincangan yang mengarah pada satu topik tertentu, yaitu penunjukan Andika sebagai Panglima TNI. Justru aneh kalau Pak GN nggak ikutan berkomentar. Andika ini kan pernah jadi bawahannya juga," ujarnya.

Pemerhati Masalah Pertahanan, Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul FahmiPakar militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi. (Dok. Pribadi)

Apakah Gatot memuji Andika karena masih ada 'gerbong' Gatot di TNI? Menurut Khairul Fahmi, hal wajar Gatot seorang senior menitipkan 'gerbongnya' yang masih aktif di TNI kepada Andika Perkasa.

"Tidak sesederhana itu. Soal menitipkan gerbong, saya kira itu hal yang lazim dilakukan oleh para senior. Tapi pujian Gatot ini kan sebenarnya lebih pada keinginan menunjukkan bahwa dia punya andil besar terhadap karir dan capaian Andika hingga hari ini. Tapi ya mungkin juga, andil besar itu ada karena Gatot mendapat titipan dari Hendropiyono yang notabene adalah seniornya. Siapa yang tahu?" ucap Fahmi.

"Yang jelas bagi saya, ini menunjukkan bahwa TNI, khususnya TNI AD, memang kompak sebenarnya. Kompetisi dan persaingan itu wajar, mereka kan memang dicetak untuk bermental juara," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Besok, DPR Gelar Fit And Proper Test Jenderal Andika Perkasa

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT