Laporan dari Dubai

Paviliun Indonesia Optimistis Gaet 10 Persen Pengunjung World Expo Dubai

Idham Khalid - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 09:45 WIB
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor National Kementerian Perdagangan yang juga Komisioner Jenderal Pavilun Indonesia Didi Sumedi (Foto: Idham/detikcom)
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan yang juga Komisioner Jenderal Pavilun Indonesia Didi Sumedi (Idham/detikcom)
Abu Dhabi -

World Expo 2020 Dubai sudah lebih lebih sebulan. Indonesia optimistis 10 persen pengunjung expo mendatangi Paviliun Indonesia dalam gelaran yang berlangsung sejak 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022 itu.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan yang juga Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi mengatakan kunjungan ke Paviliun Indonesia sebanyak 6.000-an orang per hari.

"Kan target kita itu dari pengunjung expo itu 10 persen. Sampai saat ini informasinya pengunjung expo itu mendekati 2 juta orang, berarti kita hampir 10 persen, jadi sekilas kita sudah memenuhi target kunjungan. Jadi target kunjungan 6 bulan itu 25 juta katanya expo menetapkan. Kita nargetin 10 persen, berarti 2,5 juta. Nah sampai sebulan lebih ini sudah 190 ribuan kita, berarti hampir 10 persen dari periode dari awal sampai saat ini," kata Didi di Paviliun Indonesia, Rabu (3/11/2021).

Didi menjelaskan tujuan dari Expo Dubai ini bukan seperti trade expo yang mempromosikan barang atau jasa langsung. Tapi, Dubai Expo lebih kepada nations branding dengan menyampaikan informasi tentang Indonesia, kemajuan Indonesia, sumber daya alam hingga sumber daya manusia.

"Nah, dari itu pesannya adalah bahwa kita sudah siap menyongsong hari depan. Apa artinya, kita sudah siap untuk bekerja sama dengan negara mana pun untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Begitu kira-kira pesan yang kita sampaikan secara umum. Bahwa di dalamnya ada forum bisnis, ya betul, kita melakukan forum-forum bisnis yang sifatnya informatif kepada khalayak dunia, bahwa kita keadaannya adalah sudah seperti ini, kemajuan teknologinya sudah seperti ini, inovasinya seperti ini, tentu kita akan siap menyongsong hari depan," ujarnya.

Sebagai informasi, 300 produk UMKM siap ekspor dipamerkan di Paviliun Indonesia di World Expo 2020 Dubai ini. Selain itu, lebih dari 75 forum bisnis juga digelar. Budaya Indonesia juga ditunjukkan melalui pertunjukan musik dan tarian.

Selain itu, Indonesia National Day juga akan dihelat di Al Wasl Plaza pada Kamis (4/11/2021). Presiden Jokowi dijadwalkan akan hadir menyaksikan penampilan seni budaya Indonesia yang dipadukan dengan teknologi itu.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi sebelumnya mengatakan lewat pagelaran seni dan budaya, National Day Indonesia akan memikat lebih banyak pengunjung untuk mengenal lebih dekat keunggulan yang ditawarkan Indonesia kepada dunia.

"Kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kepada dunia," ujar Lutfi dalam keterangannya di Dubai, Rabu (3/11/2021).

Simak juga video 'Indonesia Tampilkan Cita-cita Masa Depan di Dubai Expo 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/mae)