Inkubasi Wirausaha di Kota Mojokerto Ajak Warga Daur Ulang Barang Bekas

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 22:55 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Sekitar 80 warga Kota Mojokerto mengikuti program Inkubasi Wirausaha Daur Ulang yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto. Kegiatan yang digelar melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) ini diselenggarakan pada Senin (1/11).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan bidang daur ulang merupakan salah satu dari sekian banyak bidang usaha yang ditawarkan oleh Pemkot Mojokerto dalam program inkubasi wirausaha. Menurutnya, langkah ini dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19.

"Kenapa kita menggunakan barang daur ulang, karena dengan memanfaatkan barang-barang daur ulang, kemudian diproses menjadi barang yang bernilai, maka ini turut membantu penyelamatan lingkungan, selain bisa menambah penghasilan," ujar Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

Ning Ita menilai barang bekas yang tidak bisa diurai oleh mikro organisme tersebut akan lebih baik jika diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Menurutnya, barang bekas juga dapat menjadi nilai tambah dan bernilai jual.

Lebih lanjut, Ning Ita menjelaskan dalam acara inkubasi wirausaha bidang daur ulang ini, pihaknya mengundang Narasumber MS Sulam, Trusti Dhiani Henartiwi. Adapun acaranya sendiri dilaksanakan di Rest Area Gunung Gedangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DiskopUKMperindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya menjelaskan inkubasi bidang daur ulang ini merupakan inkubasi bidang terakhir di tahun 2021 yang difasilitasi oleh Pemkot Mojokerto.

"Jadi ini sekaligus merupakan inkubasi wirausaha terakhir yang kami lakukan di tahun ini. Jadi pembinaannya nanti bertahap, secara teknik kita selesaikan tahun ini, kemudian nanti akan kami berikan pendampingan manajerial, baik manajemen keuangan maupun manajemen pemasaran," kata Ani.

Lebih lanjut, Ani mengungkap pihaknya akan menggelar expose produk seluruh inkubasi wirausaha yang telah dibina selama tahun 2021. Acara ini akan berlangsung pada 3-5 Desember 2021 mendatang.

(akn/ega)