Round-Up

Belum Jelas Kabar Komodo Si Satwa Purba Usai Kebakaran di Pulau Rinca

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 20:32 WIB
Tangkapan layar kondisi kebakaran di Pulau Rinca di akun sosial instagram @labuanbajo_info (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)
Foto: Tangkapan layar kondisi kebakaran di Pulau Rinca di akun sosial instagram @labuanbajo_info (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)
Jakarta -

Pulau Rinca, yang masuk kawasan Taman Nasional Komodo, di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), terbakar. Belum ada kepastian soal kondisi komodo si satwa purba.

Kebakaran itu diinformasikan terjadi pada Selasa (2/11) pukul 15.00 Wita. "Rinca bagian ujung utara/barat (yang terbakar)," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang seperti dilansir Antara, Rabu (3/11/2021).

Jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 43 orang, terdiri atas 32 orang ranger dan 11 orang warga Rinca/Kerora.

Pada Rabu (3/11/2021) siang, diinformasikan api berhasil dipadamkan. Belum ada informasi berapa luas kawasan yang terbakar.

Tiak hanya itu, hingga saat ini belum ada laporan yang masuk soal adanya komodo yang terdampak peristiwa kebakaran ini.

"Itu belum bisa dipastikan soal luas lahan. Sampai sekarang ini juga belum ada informasi soal ada yang mati atau terluka," terang dia.

Diketahui, Pulau Rinca sempat menjadi sorotan saat viral foto komodo yang seolah sedang menghadang truk proyek. Pulau Rinca merupakan satu dari tiga pulau yang masuk Taman Nasional Komodo, dua lainnya Pulau Padar dan Pulau Komodo.