ADVERTISEMENT

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Segera Digelar DPR, Kapan?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 15:39 WIB
Jakarta -

Fit and proper test calon Panglima TNI akan segera digelar oleh DPR. Nama Jenderal Andika Perkasa sudah diajukan ke DPR sebagai calon Panglima TNI.

Diketahui bahwa Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno hari ini menemui Ketua DPR RI Puan Maharani untuk menyerahkan surat Presiden Jokowi terkait calon Panglima TNI. Dalam surpres tersebut, Presiden Jokowi mengusulkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

DPR RI akan menindaklanjuti surpres mengenai usulan calon Panglima TNI yang baru ini setelah melalui rapat pimpinan. Ketua DPR Puan Maharani juga menyebutkan beberapa mekanisme yang harus dilalui Andika hingga pelantikan nanti.

"Dalam hal ini, Komisi I DPR RI untuk melakukan pembahasan, termasuk fit and proper test terhadap calon yang diajukan oleh Presiden. Selanjutnya, Komisi I akan melaporkan hasil pelaksanaan fit and proper test di dalam rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers, Rabu (3/11/2021).

Lalu kapan fit and proper test calon Panglima TNI akan dilaksanakan? Simak informasinya di bawah ini.

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI: Belum Ada Tanggal Pasti

Fit and proper test calon Panglima TNI belum ditentukan tanggal pastinya. DPR RI mengaku akan segera menindaklanjuti surpres mengenai calon Panglima TNI tersebut.

Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan bahwa hasil fit and proper test kemudian akan disetujui oleh pimpinan DPR. Selanjutnya, persetujuan DPR RI terhadap calon Panglima yang diusulkan oleh Presiden akan disampaikan kepada Presiden paling lambat 20 (dua puluh) hari. Hal ini tidak termasuk masa reses DPR dan terhitung sejak permohonan persetujuan calon Panglima diterima oleh DPR RI, yaitu hari ini.

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI: Tujuan dan Prosesnya

DPR RI akan menjalankan proses persetujuan calon Panglima TNI ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku. Dalam memberikan persetujuan calon Panglima usulan Presiden, fit and proper test dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek yang dapat memberikan keyakinan bahwa calon Panglima tersebut bisa menjalankan tugasnya sebagaimana diamanatkan di UUD TNI.

Baca selengkapnya soal fit and proper test calon Panglima TNI di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT