Karantina 3 Hari dari Luar Negeri, Cek Syarat dan Ketentuannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 13:30 WIB
Karantina 3 Hari dari Luar Negeri, Cek Syarat dan Ketentuannya
Karantina 3 Hari dari Luar Negeri, Cek Syarat dan Ketentuannya / Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Jakarta -

Karantina 3 hari dari luar negeri adalah kebijakan baru diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia. Tapi, tidak semuanya boleh karantina 3 hari dari luar negeri. Simak ulasannya!

Karantina 3 hari dari luar negeri diatur melalui Addendum Surat Edaran (SE) Kasatgas Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Saat ini, aturan tersebut sudah berlaku dan mulai diterapkan.

"Untuk pengaturan bagi Pelaku Perjalanan Internasional (PPI), pelaksanaan karantina diberlakukan selama 3 hari," tulis Kementerian Koordinator Perekonomian seperti dilihat dalam situs resminya, Selasa (2/11).

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai karantina 3 hari dari luar negeri, detikcom sudah merangkumnya melalui SE 20 tahun 2021. Mari simak ulasan di bawah ini.

Karantina 3 Hari dari Luar Negeri: Begini Ketentuannya

Aturan karantina 3 hari dari luar negeri sudah diberlakukan. Namun, ada aturan yang harus dipatuhi. Melalui SE Satgas Covid-19 No 20 tahun 2021, begini aturannya:

  • Pelaku perjalanan internasional penerima vaksin 1 dosis: wajib karantina 5 x 25 jam
  • Pelaku perjalanan internasional penerima vaksin 2 dosis: wajib karantina 3 x 24 jam

SE itu juga menjelaskan, masyarakat yang bepergian ke luar negeri bisa karantina mandiri di kediaman masing-masing. Sejalan dengan aturan karantina 3 hari dari luar negeri, masyarakat juga harus melakukan tes PCR kedua dengan ketentuan:

  • Pada hari ke-4 karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang melakukan karantina dengan durasi 5x24 jam
  • Pada hari ke-3 karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang melakukan karantina dengan durasi 3x24 jam

Karantina 3 Hari dari Luar Negeri: Aturan Lokasi dan Biaya

Aturan juga ketentuan karantina 3 hari dari luar negeri sudah dibahas. Selanjutnya, mari bahas pula pelaksanaan karantina bagi WNI dan WNA. Melalui SE 20 tahun 2021, berikut ketentuannya:

  1. Bagi WNI, yaitu Pekerja Migran Indonesia (PMI); Pelajar/mahasiswa; atau Pegawai Pemerintah yang kembali dari perjalanan dinas luar negeri sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pintu Masuk (Entry Point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Internasional dengan biaya ditanggung oleh pemerintah
  2. Bagi WNI di luar kriteria sebagaimana dimaksud pada angka 1) dan bagi WNA, termasuk diplomat asing, di luar kepala perwakilan asing dan keluarga kepala perwakilan asing menjalani karantina di tempat akomodasi karantina

Itulah informasi terbaru terkait aturan karantina 3 hari dari luar negeri. Pemerintah juga sudah bicara tentang kondisi pandemi terbaru di masa sekarang. Simak di halaman berikutnya.