Eks Kapolres Labuhanbatu Ikhlas Jabatan Dicopot: Jadi Pelajaran

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 09:33 WIB
Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan
Eks Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan (Ahmad Fauzi/detikcom)
Labuhanbatu -

AKBP Deni Kurniawan mengatakan ikhlas dicopot dari jabatan Kapolres Labuhanbatu. Meski merasa sedih, dia bertekad menjadikan pengalaman ini sebagai pelajaran.

"Sebagai insan Bhayangkara saya harus patuh dan taat kepada peraturan dan kode etik profesi Polri. Mudah-mudahan pelajaran ini akan menjadikan saya lebih mawas diri ke depannya," kata Deni dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (3/11/2021).

Deni mengatakan peristiwa ini telah menyadarkannya atas kekhilafan yang dilakukannya. Dia mengaku mengambil hikmah atas sanksi yang diberikan.

"Saya percaya Tuhan itu Maha Adil. Kali ini saya ditegur-Nya, mungkin ini bentuk sayang-Nya. Karena itu, (kejadian) ini ke depannya harus saya ingat," sambungnya.

Deni juga memohon maaf kepada masyarakat Labuhanbatu Raya jika ada kesalahan, baik dari ucapan maupun tindakannya selama menjabat sebagai Kapolres Labuhanbatu.

Tersangka peredaran sabu 60 kg di Labuhanbatu Sumut (Foto: Ahmad Fauzi Manik/detikcom)Pengungkapan kasus peredaran sabu 60 kg di Labuhanbatu, Sumut. (Ahmad Fauzi Manik/detikcom)

Pencopotan Jabatan

Deni dicopot dari jabatan Kapolres Labuhanbatu dalam rangka evaluasi jabatan. Polda Sumut mengungkap alasan Deni dicopot.

"Tidak menerapkan Perkap Nomor 10 Tahun 2017," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (2/11).

Perkap itu berisi aturan soal kepemilikan barang yang tergolong mewah oleh anggota Polri. Kepemilikan barang mewah ini yang disebut menjadi alasan AKBP Deni dicopot.

Menurut informasi yang diterima detikcom, AKBP Deni pernah mengendarai sepeda motor BMW R 1200. Kendaraan itu dipakai Deni saat ikut kegiatan touring bersama salah satu komunitas sepeda motor di Labuhanbatu.

Video aksi Deni touring dengan menggunakan sepeda motor jenis BMW ini beredar di medsos. Kendaraan jenis BMW yang dipakai Deni ini ditaksir seharga Rp 814 juta.

Meski demikian, Kombes Hadi belum menjelaskan detail apakah hal itu menjadi alasan Deni dicopot atau bukan.

Simak rekam jejak AKBP Deni selama memimpin Polres Labuhanbatu di halaman selanjutnya.