Round-Up

Kabar Baru Panasnya Kursi Ketua DPRD Pekanbaru

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 06:44 WIB
Rapat paripurna DPRD Pekanbaru soal usulan pemecatan Ketua DPRD
Rapat paripurna DPRD Pekanbaru (Foto: Raja Adil/detikcom)
Jakarta -

DPRD Pekanbaru bergejolak. Usulan pemberhentian Hamdani sebagai Ketua DPRD Pekanbaru disetujui melalui paripurna. PKS sebagai partai pengusung Hamdani, pun tegas menolak.

BK DPRD Usulkan Pemecatan Hamdani

Pemecatan Hamdani ini awalnya direkomendasikan oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Pekanbaru. Rekomendasi BK terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Hamdani selama menjabat.

Ketua BK DPRD Pekanbaru, Ruslan Tarigan mengatakan rekomendasi dibacakan pada rapat paripurna yang digelar 25-26 Oktober dini hari. Dalam rapat diputuskan beberapa pelanggaran.

"Ada beberapa pelanggaran yang dilakukan beliau (Hamdani). Setelah diperiksa semua saksi pelapor dan ahli hukum tata negara dan administrasi, diputuskan pelanggaran," ujar Ruslan Tarigan kepada detikcom, Rabu (27/10).

Rekomendasi pemberhentian Hamdani dini hari itu disebut diwarnai interupsi. Di mana partai pengusung, PKS, menolak keputusan dibacakan dalam rapat tertutup malam itu.

"Dia melanggar kode etik, sumpah dan janji jabatan. Itu kita bacakan tadi malam, tentu kita putuskan rekomendasi diberhentikan," katanya.

Ruslan mengaku pihaknya sudah meminta keterangan dari Hamdani. Tetapi Hamdani tak memberikan jawaban atas laporan dari pelapor terkait pelanggaran itu.

Setelah menolak menjelaskan, BK kembali melanjutkan sidang pelanggaran Hamdani. Bahkan putusan telah dibacakan dan juga diserahkan ke para pihak.

Lihat juga video 'Surat Sumbangan Gubernur Sumbar, Ditangani Polda-DPRD Gulirkan Hak Angket':

[Gambas:Video 20detik]