Kompolnas Puji Kapolri Copot 7 Pejabat Polisi: Momentum Reformasi Struktur

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 06:14 WIB
Poengky Indarti
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti (Foto: Ari Saputra)

Kompolnas: Polisi Minta Sekarung Bawang ke Sopir Truk Layak Dipecat!

Kompolnas menyesalkan atas perilaku Aipda PDH karena meminta bawang sekarung ke sopir truk yang ditilangnya di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kompolnas menilai tindakan pungli (pungutan liar) yang dilakukan Aipda PDH sangat memalukan institusi Polri.

"Sangat disesalkan masih terjadinya praktik pungli di lapangan yang diduga dilakukan oknum polisi lalu lintas. Apalagi tingkah laku si oknum kemudian direkam dan diviralkan. Tindakan tersebut sangat memalukan. Seharusnya pelaku praktik-praktik pungli seperti itu dihukum pidana dan dipecat, agar ada efek jera bagi pelaku," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti, kepada wartawan, Selasa (2/11/2021).

Poengky menyebut perlu ada pencegahan agar hal-hal serupa tak terjadi lagi. Pencegahan itu bisa dengan penggunaan teknologi seperti memperbanyak kamera E-TLE agar proses tilang tidak dilakukan langsung oleh polisi, melainkan langsung oleh sistem.

"Anggota polantas yang bertugas juga harus dibekali body camera dan dashboard camera untuk mencegah penyimpangan anggota. Penggunaan teknologi ini selain mencegah kontak langsung petugas dan masyarakat, juga merekam peristiwa yang terjadi sehingga petugas tidak akan berani melanggar aturan," ucapnya.

Dia berharap pengawas internal Polri memaksimalkan pengawasan anggotanya. Tak hanya itu, para pimpinan Polri di masing-masing kesatuan perlu memberikan contoh teladan, bimbingan, pengawasan kepada bawahannya.

"Untuk pendidikan dan tambahan skill bagi anggota, perlu ditingkatkan pemahaman terkait reformasi kultural Polri, termasuk di dalamnya perilaku antikorupsi," ujarnya.

Kronologi Minta Bawang

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan kronologi polisi minta sekarung bawang yang terjadi pada Senin (1/11) sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu Aipda PDH melakukan patroli di Jalan Perimeter 2, kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Kemudian melihat ada truk. Truk itu dari daerah Sumatera, BG pelatnya," kata Yusri.

Polantas tersebut kemudian menyetop truk tersebut. Dia lalu menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan kepada sopir truk.

"Kemudian memberhentikan dan mengecek kelengkapan surat-surat daripada si pengemudi truk dan memang pengemudi tidak membawa surat-surat," jelas Yusri.

Saat itulah terjadi pelanggaran seperti yang terekam dalam video dan viral dalam media sosial, yakni minta sekarung bawang.

"Yang terjadi adalah bahwa setelah diperintah berbalik arah, ada satu pelanggaran yang dibuat petugas tersebut. Atas pelanggaran si sopir ini tidak dilakukan penilangan, tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih," katanya.