Tangsel PPKM Level Berapa? Ini Status Terbaru dan Aturannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 17:37 WIB
Tangsel PPKM Level Berapa? Ini Status Terbaru dan Aturannya
Tangsel PPKM Level Berapa? Ini Status Terbaru dan Aturannya (Foto: Infografis detikcom/Denn)
Jakarta -

Tangsel PPKM level berapa mulai dicari tahu masyarakat yang tinggal di sana. Hal ini lantaran pemerintah baru saja memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Jawa dan Bali.

Keputusan pemerintah untuk memperpanjang PPKM diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 57/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Instruksi itu memuat daftar level PPKM dan aturan di Jawa dan Bali.

Kalau sebelumnya Tangsel menerapkan PPKM level 2, kini, bagaimana nasibnya? Apakah status PPKM Tangsel masih sama seperti sebelumnya? Untuk mengetahui jawaban Tangsel PPKM level berapa, detikcom sudah merangkum penjelasannya di bawah ini.

Tangsel PPKM Level Berapa: Tetap Level 2

Pertanyaan Tangsel PPKM level berapa terjawab melalui Inmendagri 57/2021 yang diteken oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dalam instruksi itu disebutkan, Tangsel menerapkan PPKM level 2. Dengan demikian, tidak ada perubahan status PPKM Tangsel dari PPKM sebelumnya.

Dalam Inmendagri tersebut, pemerintah melonggarkan sejumlah aturan di Tangsel. Ada aturan terkait kapasitas pengunjung di pusat perbelanjaan hingga kapasitas di tempat gym yang kian bertambah

Tangsel PPKM Level Berapa: Aturan Resepsi Pernikahan-Cafe Resto

Aturan yang diterapkan di Tangsel adalah terkait resepsi pernikahan. Pelaksanaan resepsi pernikahan bisa diadakan maksimal 50% dari kapasitas ruangan. Namun, pemerintah belum mengizinkan makan di tempat.

Masih merujuk Inmendagri terbaru, tempat makan yang beroperasi pukul 18.00 waktu setempat diizinkan buka hingga pukul 00.00 waktu setempat. Namun, kapasitas pengunjung masih dibatasi 50% dan durasi makan hanya 60 menit.

Selain itu, pengunjung maupun pegawai resto harus melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona, sehingga status PPKM di Tangsel tidak naik level.

Kini Tangsel PPKM level berapa sudah diketahui, cek halaman berikutnya soal aturan lainnya yang berlaku di Tangsel