Menkes-Chairul Tanjung Tinjau Vaksinasi COVID di Trans Studio Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 14:02 WIB
Makassar -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama pendiri CT Corp Chairul Tanjung meninjau vaksinasi COVID-19 yang digelar CT Corp di Makassar. Budi menyebut vaksinasi tersebut sebagai dukungan memenuhi target minimal 70 persen warga divaksin untuk mencapai kekebalan kelompok.

Pantauan detikcom di lokasi vaksinasi CT Corp di Mal Trans Studio Makassar (TSM), Jalan Metro Tanjung Bunga, Selasa (2/11/2021), tampak Menkes Budi bersama CT mengecek langsung vaksin Pfizer disuntikkan ke warga. Turut mendampingi keduanya Anggota DPR RI Aliyah Mustika dan Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Sesekali tampak Budi berbincang dengan warga dan nakes terkait proses vaksinasi. Budi juga mengingatkan vaksinasi untuk menekan lonjakan COVID-19.

"Kita harus hati-hati, karena apa, Presiden juga bilang harus waspada sebagai warga negara yang sudah vaksinasi, itu tinggi Singapura (vaksinasinya) itu juga ini jadi teman-teman wartawan, bantu kita, ini kita sudah turun, tapi jangan sampai naik lagi, jadi caranya gimana, kita pakai masker, ngumpulnya jangan padat-padat kayak gini," kata Budi, usai memantau vaksinasi, Selasa (2/11/2021).

Budi meminta masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi COVID-19. Masyarakat yang telah divaksin tidak boleh lengah.

"Karena immunity itu kita contoh aja yang vaksinnya 70% (kita) Singapura sama Israel 80%, jadi buat kita, itu membantu supaya kita tidak masuk rumah sakit apa tidak tertular, masih bisa tapi yang penting adalah protokol kesehatan dengan survayernya kita sangat baik, dari itu semua tergantung kita, jadi mungkin Pemerintah tidak bisa jalan sendiri tapi masyarakat disiplin," jelasnya

Menkes Budi terus mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin jalankan prokes. Edukasi juga disebut sangat penting dilalukan agar masyarakat paham terhadap pentingnya prokes dan bahaya COVID-19.

"Itu yang kita harus, di situ antisipasi apapun itu bisa diatasi tergantung kita, tergantung masyarakat, termasuk saya, bahwa kita bisa disiplin jalan prokes, kita benar-benar disiplin jalanin itu, kalau kita tidak disiplin, mulai tidak waspada itu, jadi nanti teman-teman bantu edukasi, ini semua tergantung kita kalau kita disiplin, kita bisa atasi dan kita bisa ini," terangnya.

Yuk, warga yang belum divaksin, segera daftarkan diri melalui link detik.com/vaksinctcorp. Pastikan Anda sudah memiliki akun detikID untuk bisa menyelesaikan pendaftaran vaksin. Satu akun detikID dapat mendaftarkan 4 (empat) orang. Jenis vaksin yang disediakan adalah vaksin Pfizer.

(nvl/jbr)