Konsolidasi Kekuatan, PPP DIY Gelar Musyawarah Cabang di 5 Wilayah

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 12:44 WIB
Konsolidasi Kekuatan, PPP DIY Gelar Musyawarah Cabang di 5 Wilayah
Foto: Dok. PPP
Jakarta -

DPP PPP mengawal langsung Musyawarah Cabang (Muscab) di 5 Kabupaten dan Kota se-DIY pada Sabtu dan Minggu (30-31/10). Dalam agenda tersebut, dilakukan konsolidasi untuk mengukuhkan kekuatan PPP di area DIY.

Ketua DPP PPP Bidang Isu Strategis Atiek Heru Maryanti dan Wasekjen Penataan Organisasi Idy Muzayyad bertolak ke Yogyakarta untuk memantau jalannya Musyawarah Cabang. Sementara itu, Ketua DPW PPP DIY HM.Yazid dan Sekretaris Wilayah Syafiuddin Ghozali beserta jajaran pengurus DPW DIY yang lain turut hadir dalam kegiatan tersebut.

"Kita memang sedang melakukan pembenahan basis dan struktur, agar PPP DIY dapat meraih kemenangan pada Pemilu 2024 nanti," ujar Idy dalam keterangan tertulis, Selasa (2/11/2021).

Idy menilai PPP DIY memiliki potensi besar untuk menang. Hanya saja ada beberapa hambatan yang mengakibatkan perolehan suara dan kursi di DPR dan DPRD lambat laun semakin menurun. Ia menyebut penyebab utamanya adalah banyaknya fraksi dan ketidakkompakan antar pengurus dan kader PPP, baik dari kalangan elit maupun akar rumput.

"Melalui momentum Muscab, ke depan harus diciptakan soliditas yang kuat sehingga struktur kepengurusan mampu menghadapi tantangan kepartaian dan keumatan yang semakin kompleks," cetus Idy.

Ia menambahkan DPP PPP saat ini sudah dan sedang menerapkan konsep dan spirit baru menuju smart and modern party, meskipun PPP secara usia merupakan partai yang punya sejarah panjang.

"Seluruh kebijakan partai tidak boleh lagi didasarkan pada manajemen kebetulan dan kira-kira, namun harus berbasis data disertai cara kerja elektoral yang terukur serta kebijakan partai yang sistemik," urai Idy.

Atiek Heru menambahkan melihat animo dan pergerakan dalam lima Muscab, DPP PPP optimis PPP DIY akan bangkit dari keterpurukan.

"Alhamdulillah semua Muscab berjalan sukses dan dinamis. Dan menghasilkan formatur yang akan menyusun kepengurusan lengkap DPC. Kami yakin akan muncul figur-figur kepengurusan yang kompeten, berintegritas dan siap tempur," ujar Atiek.

(akd/ega)