ADVERTISEMENT

Bupati Kebumen Sulap Lahan Kosong Jadi Agri Smart

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 22:07 WIB
Bupati Kebumen Sulap Lahan Kosong Jadi Agri Smart
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Lahan kosong di belakang Rumah Dinas Bupati Kebumen kini sudah disulap menjadi area persawahan, perkebunan dan perikanan yang mempunyai nilai manfaat lebih. Area yang disebut 'Kebun Kita Agri Smart' itu diharapkan bisa ikut mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Atas kreasi dari Tim Agri Smart yang sudah mampu mengubah lahan yang tadinya tak terpakai itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengaku takjub sekaligus bangga. Di lahan itu kini ditanami beraneka macam tanaman sayuran, buah-buahan dan juga terdapat kolam ikan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Tim Agri Smart yang sudah punya daya kreasi yang tinggi, untuk menjadikan lahan yang tadinya tidak terpakai, terbengkalai menjadi sesuatu yang bermanfaat. Ini sangat sejalan dengan program ketahanan pangan yang kita canangkan di masyarakat," kata Arif Sugiyanto saat ditemui di lokasi, Senin (1/11/2021).

Arif berharap, hal tersebut bisa diikuti oleh instansi pemerintahan di bawahnya baik camat maupun desa dengan melakukan hal yang sama guna mendukung ketahanan pangan melalui program Kembang Kenari (Kekuatan Masyarakat Membangun Kebun Pangan Lestari).

"Saya ingin ke depan di tingkat camat maupun desa juga punya program yang sama untuk bisa memanfaatkan lahan kosong di tempat tertentu untuk dijadikan perkebunan dan perikanan, sehingga lahan menjadi lebih produktif," harapnya.

Bila perlu, Arif melanjutkan, program tersebut nantinya akan dilombakan. Pemanfaatan lahan semacam ini menurutnya, penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas agar sebisa mungkin memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya dengan bercocok tanam.

Di lahan kosong yang telah disulap menjadi sawah itu, Arif pun turut menanam padi dan memanen ikan lele di kolam yang tak jauh dari area sawah. Ikan hasil panenan itu kemudian dibagikan kepada para petugas kebersihan. Di area sawah tersebut, juga disebar ratusan belut.

Sementara itu, Koordinator Kebun Kita Agri Smart, Moch. Samsul Ma'arif menambahkan bahwa sudah ada 41 jenis tanaman di lahan tersebut, baik holtikultura maupun buah-buahan. Tak luput, aneka bumbu dapur pun tersedia di lahan tersebut, dari cabe, lengkuas, kunir, jahe, hingga merica. Selain padi, ada juga tanaman pangan lain seperti jagung. Kemudian untuk ikan juga tersedia ikan lele hingga ikan gabus.

"Alhamdulillah semua sudah lengkap ya, ini sudah cukup untuk menyuplai kebutuhan pangan untuk pendopo. Jadi dengan kebun ini, kebutuhan pangan kita sudah tidak lagi belanja di luar. Karena apa yang kita tanam sudah cukup memenuhi kebutuhan kita sehari-hari," ujar Samsul.

"Pupuknya full pakai pupuk organik atau pupuk kandang. Jadi Kebun Kita ini mengusung Etnik Modern, berupa kebun tapi bisa mirip atau didesain semi taman. Terlihat lebih rapih dan modern. Penyiramannya sudah pakai vertigasi atau timer, tidak manual," imbuhnya.

Kebun tersebut juga mengadopsi tanaman dataran tinggi untuk dikembangkan seperti Golden Mama, dan buah strawberry, tanaman kale untuk obat penyakit kanker, serta tersedia juga kandang tawon madu.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT