Cuitan 'Polri Bantu Warga' di Akun TMC Polda Metro Dikritik, Ini Kata Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 20:51 WIB
Unggahan foto di akun Twitter TMC Polda Metro Jaya yang dibahas netizen
Unggahan foto di akun Twitter TMC Polda Metro Jaya yang dibahas netizen (dok. Twitter @txtdrberseragam)
Jakarta -

Tangkapan layar unggahan foto di akun Twitter TMC Polda Metro Jaya menjadi sorotan publik. Foto tersebut memuat adanya kendaraan yang pecah ban di pinggir jalan.

Yang menjadi sorotan adalah tidak adanya foto polantas yang membantu mobil warga tersebut. Di foto viral itu justru hanya ada sopir ojol yang terlihat membantu memperbaiki mobil warga yang tengah pecah ban.

"Polri Sat Lantas Jaksel membantu kendaraan yang mengalami pecah ban di Underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan," demikian bunyi keterangan di foto viral.

Foto itu pun ramai diperbincangkan warganet. Mayoritas komentar mempertanyakan sosok dari polantas tersebut yang disebut telah membantu mobil warga yang pecah ban tersebut.

"Membantu dokumentasi," tulis akun @_banyulaut, seperti dilihat, Senin (1/11/2021).

"Polisinya lg nyamar jadi ojol," balas akun @akmalhryd.

Namun, dilihat detikcom di akun TMC Polda Metro Jaya, postingan itu sudah dihapus.



Penjelasan Polda Metro

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono angkat bicara perihal postingan itu.

"Itu kejadian Jumat kemarin tanggal 26 Oktober pukul 16.35 WIB," kata Argo saat dikonfirmasi, Senin (1/11/2021).

Argo menyebut anggota polantas yang membantu warga di lokasi tersebut bernama Bripka Suratman. Saat itu Bripka Suratman tengah berpatroli dan melihat warga yang mobilnya tengah bermasalah.

Tanpa pikir panjang, polantas tersebut segera turun dan membantu warga. Argo juga membenarkan Bripka Suratman dibantu ojol yang kebetulan berada di lokasi.

Saat sopir ojol itu memperbaiki ban warga yang pecah tersebut, Bripka Suratman lalu bertugas dalam mengatur kondisi lalu lintas di lokasi.

"Kebetulan ada anggota Sat Lantas Jaksel yang sedang melaksanakan patroli melintas. Jadi saat itu yang bersangkutan membantu pengaturan arus lalin kendaraan karena sendiri dan memang ada beberapa ojol juga yang membantu proses tersebut," ujar Argo.

Terkait foto yang viral itu, Argo mengatakan anggota polantas yang bertugas itu hanya seorang diri, sehingga kesulitan dalam mengabadikan momen saat membantu warga tersebut.

"Anggota sendirian jadi mungkin susah foto," ujar Argo.

Simak juga 'Pengamat: Polisi Tak Boleh Keras ke Masyarakat Umum, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)