SBY Ungkap Makna Lukisan 'The Secret of God Power'

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 18:04 WIB
Lukisan SBY (dok: tangkapan layar IG aniyudhoyono).
Lukisan SBY (Tangkapan layar IG aniyudhoyono)
Jakarta -

Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memamerkan sejumlah lukisan hasil kemahiran tangan dan imajinasinya. Salah satu makna lukisan yang diungkap SBY berjudul 'The Secret of God Power'.

Hal ini diungkap SBY di akun Instagram @aniyudhoyono, Senin (1/11/2021). SBY mengatakan melukis untuk kedamaian hatinya dan menghasilkan lukisan 'The Secret of God Power'.

"Ini sepenuhnya imajinasi saya. Mungkin tidak ada foto yang menunjukkan apa yang saya lukis ini dan lukisan ini saya beri nama 'The Secret of God Power'," kata SBY.

Ukuran lukisan ini 1,5 x 2,5 meter. Menurut SBY, lukisan ini terbilang cukup besar. SBY kemudian menjabarkan maksud dari lukisan 'The Secret of God Power'.

"Saya memiliki pemikiran The Secret of God Power, saya memiliki pemikiran, mungkin juga imajinasi saya, bahwa jika Tuhan berkehendak, Allah berkehendak, apa pun yang seolah-olah tidak mungkin terjadi di dunia, terjadi," ujar SBY.

Dalam lukisan 'The Secret of God Power' SBY menjelaskan bahwa suatu medan yang luas, kering kerontang, tidak ada air, berpuluh-puluh kilometer, perbukitan dengan berbagai corak.

"Namun tiba-tiba di suatu lereng bukit merah, di atas bukit cokelat yang terjal, ada mata air, ada sendang, semacam sendang kahuripan, ada dua pohon dan sejumlah rerumputan," kata SBY.

"Sepertinya impossible, dalam alam seperti ini ada, sekali lagi, sendang, mata air, dan juga sebutlah kehidupan. Tapi terjadi," ungkap SBY.

"Kita harus percaya kebesaran Tuhan, kekuasaan Allah," imbuhnya.

Menurut Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) ini, untuk mencapai tempat seperti itu, jika diteruskan lukisannya, masih banyak sekali perbukitan, mungkin padang pasir yang luas, dan jauh dari mana-mana.

Menurut imajinasi SBY, sulit mendapatkan air, kemudian harus mencari, mencari, dan akhirnya ketika ada kehidupan atau warna biru dan hijau, mencapainya pun tidak mudah.

"Artinya apa? Untuk mencapai tujuan yang besar, untuk menggapai cita-cita yang mulia, jalannya sering tidak mudah, tidak lunak, harus siap mengarungi medan yang penuh dengan tantangan seperti ini. Kalau kehidupan, kehidupan yang penuh dengan permasalahan tantangan dan rintangan tapi tetap punya tekad yang membaja, yang bulat, untuk mencapai tujuan itu," sebut SBY.

"Ini barang kali dua makna besar yang ingin saya sampaikan melalui lukisan ini, yang sekali lagi saya beri judul bahasa Inggris-nya The Secret of God Power, dalam bahas Indonesia-nya Sedang Kahuripan," tambahnya.