Polisi Ungkap Modus Lama Pelaku Begal yang Tewaskan Pegawai Basarnas

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 16:29 WIB
Polisi merilis penangkapan pelaku begal yang menewaskan pegawai Basarnas di Kemayoran, Jakpus
Polisi merilis penangkapan pelaku begal yang menewaskan pegawai Basarnas di Kemayoran, Jakpus. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap 3 pelaku begal yang menewaskan pegawai Basarnas, Mita (22). Ketiga pelaku melakukan aksi begal dengan modus menuduh korban sebagai pelaku pemukulan, yang diketahui adalah modus lama.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (11/10) sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu korban dan pacarnya tengah menunggu ojek online di sebuah halte.

"Kemudian muncul empat pelaku dengan dua motor. Saat itu salah seorang pelaku turun inisial T yang berstatus DPO mengeluarkan satu kalimat 'kamu sudah mukul adik saya'," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/11/2021).

Pacar korban kemudian kabur menyelamatkan diri dan meninggalkan korban di lokasi. Saat itu pelaku T lalu merampas handphone korban dan melakukan pembacokan hingga korban MN meninggal dunia.

Yusri memastikan aksi tuduhan pelaku itu hanya modus semata. Korban dan pelaku sebelumnya tidak saling kenal.

"Jadi memang ini salah satu teknisnya pelaku ke korban untuk merebut barang korban. Jadi kalimat itu adalah kalimat yang mengaburkan saja," terang Yusri.

Tiga orang pelaku kini telah berhasil ditangkap polisi. Ketiga pelaku berinisial RP, MG, dan MR.

1 Pelaku Masih Buron

Namun, satu pelaku utama dari kasus tersebut berinisial T hingga kini masih jadi buron. Pelaku berinisial T diketahui berperan sebagai eksekutor yang membacok korban.

"Pelaku DPO ini juga tercatat ada LP (laporan polisi) di Polres Metro Jakarta Timur. Sedangkan tiga pelaku lain ini spesialis curas spion," beber Yusri.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.....