Loyalis Ungkap Arahan Anas Urbaningrum Usai Konsultasi soal PKN

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 13:44 WIB
Sekjen PKN Sri Mulyono (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Foto: Sekjen PKN Sri Mulyono (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Jakarta -

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), partai besutan loyalis Anas Urbaningrum telah didaftarkan ke Kemenkumham hari ini. Sekjen PKN Sri Mulyono menceritakan bahwa proses pembentukan partai ini selalu dikonsultasikan oleh Anas setiap sebulan sekali.

"Oh iya setiap langkah politik kami tentu berkonsultasi dengan Mas Anas, kami berkomunikasi dengan Mas Anas mungkin sebulan sekali saya mengunjungi beliau ya, konsultasi intens soal langkah-langkah kami, dan beliau membimbing kami," kata Sri di Kemenkumham, Senin (1/11/2021).

Anas Urbaningrum pun saat ini masih mendekam di penjara usai dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi. Dia dihukum 8 tahun penjara, pasca hukumannya disunat oleh Mahkamah Agung (MA) dari 14 tahun penjara.

Sri mengatakan pihaknya minggu lalu juga sempat berkomunikasi dengan Anas soal hasil munas. Anas saat itu memberikan saran supaya administrasi PKN diupayakan segera selesai.

"Hari Sabtu lalu kita ke Mas Anas untuk melaporkan hasil Munas kita, dan beliau menyarankan supaya administrasi harus dibereskan dulu. Langkah pertama adalah membereskan administrasi, setelah administrasi beres baru kita berpikir langkah selanjutnya," katanya.

Terkait posisi Anas di PKN, Sri mengatakan hal itu nantinya mengikuti kewenangan Anas sendiri. Dia belum bisa menyatakan hal tersebut.

"Itu nanti ya terserah Mas Anas ya, kita sih ikut beliau saja soal langkah-langkah politik ya, kalau beliau seperti apa ya kita ikut saja. Iya tergantung Pak Anas," katanya.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mendaftarkan diri sebagai partai politik (parpol) ke Kemenkumham. Partai PKN sendiri diketuai oleh Gede Pasek Suardika, yang baru saja keluar dari Partai Hanura.

"Kita membawa seluruh persyaratan yang diberlakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM, kita bawa semua. Dan sudah diteliti tadi sama petugas di dalam, memang ada beberapa kekurangan kecil yang harus kami lengkapi," ujar Sekjen PKN Sri Mulyono di Kemenkumham, Senin (1/11).

Sri mengatakan kekurangan persyaratan tersebut akan dilengkapi secepat mungkin. Dia mengharapkan doa demi kelancaran pembentukan partai yang dibentuk oleh loyalis Anas Urbaningrum ini.

"Ya mungkin satu dua hari ini kita akan melengkapinya dan kami berharap semua berjalan baik dan lancar. Mohon doa dari teman-teman media semua supaya ini kepengurusan secara legal di Kumham berjalan baik dan lancar semua," katanya.

Lihat juga Video: Komisioner KPU: Kita Optimalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Pemilu 2024

[Gambas:Video 20detik]



(azh/gbr)