ADVERTISEMENT

Mahfud: OPM Manfaatkan Momentum Jokowi di Luar Negeri untuk Cari Perhatian

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 09:50 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Foto: Menko Polhukam Mahfud Md (dok. Kemenko Polhukam)

Ketua Unio, yaitu organisasi para imam/konfrater Diosesan Keuskupan Timika, Pastor Dominikus Dulione Hodo Pr menyebutkan seruan itu tercetus lantaran adanya masalah urgen yang sementara sedang terjadi di Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya dan sekitarnya.

Pastor Dominus bercerita pada 11 Oktober lalu, rombongan Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC, Administratur Keuskupan Timika Pastor Marthin Kuayo Pr dan sejumlah imam tiba di Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya untuk menghadiri penahbisan tiga imam baru.
Namun, dia menyayangkan, setelah kegiatan tersebut situasi di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya kembali bergejolak.

"Rasa tenteram dan damai yang kami rasakan saat itu sekejap hilang lenyap lantaran beberapa waktu terakhir terjadi baku tembak antara TNI-Polri dengan TPN-OPM, dan itu terjadi di tengah kota," ujar Pastor Dominikus.

Buntut dari kejadian itu, beberapa bangunan terbakar dan dua orang anak kecil terkena luka tembak, satu di antaranya meninggal dunia. Adapun dua pastor yang bertugas di Bilogai, Intan Jaya yaitu Pastor Yance Yanuarius Yogi dan Pastor Frans Sondegau yang baru ditahbiskan pada 12 Oktober lalu, ikut secara langsung membantu menolong warga yang rumahnya terbakar di dekat Bandara Sugapa beberapa hari lalu.

Terbaru, kelompok sipil bersenjata (KKB) membakar kantor Airnav di kawasan Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pembakaran terjadi Sabtu (30/10) sekitar pukul 16.00 WIT. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Saat ini karyawan-karyawan instansi negara itu sudah mengungsi ke gereja.

Sebelum membakar, gerombolan bersenjata itu sempat terlibat kontak tembak dengan personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Daerah Rawan dari Batalion Infantri 501/BY dan Satgas Belukar. Karena terdesak, gerombolan bersenjata itu membakar kantor Airnav Bandara Sugapa.


(dek/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT