ADVERTISEMENT

Beragam Tafsir Soal Kode Panglima TNI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 07:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak berangkat ke Italia, Britania Raya, dan Uni Emirat Arab.
Presiden Joko Widodo sebelum berangat ke luar negeri (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan siapa calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Beragam tafsir pun bermunculan terkait sejumlah peristiwa yang dianggap kode calon Panglima TNI dari Jokowi.

Peristiwa terbaru yang dianggap kode calon Panglima TNI dari Jokowi adalah saat dirinya terbang menuju Eropa untuk mengikuti serangkaian pertemuan tingkat tinggi. Jokowi akan menghadiri KTT G20 di Roma, COP26 di Glasgow kemudian lanjut terbang ke Uni Emirat Arab (UEA).

Dari rombongan yang melepas keberangkatan Jokowi, tampak KSAD Jenderal Andika Perkasa. Selain Jenderal Andika, hadir juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Mensesneg Pratikno.

Dalam kesempatan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bakal ikut melepas Jokowi jika di sana hadir Kapolri Jenderal Sigit. Namun, kali ini yang hadir adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Sebelum itu, candaan Jokowi kepada Jenderal Andika juga menuai sorotan. Momen Jokowi melempar candaan ke Iriana dan Andika itu terjadi setelah upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka selesai, Selasa (5/10). Jokowi saat itu bersama Iriana dan Wapres Ma'ruf Amin beserta Wury Estu Handayani meninjau alutsista di depan Istana.

Sejumlah pejabat lain turut mendampingi, di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi tampak berdialog dengan Hadi di depan deretan kendaraan taktis yang dipamerkan.

Simak juga video 'Soal Calon Panglima TNI, Pengamat: Kasus KRI Nanggala Coreng Karir KSAL':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT