Dubes RI Perkuat Kerja Sama dengan Panama-Kostarika Via Filosofi Pancasila

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 01:31 WIB
Dubes RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono (Dok. Sukmo Harsono).
Foto: Dubes RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono (Dok. Sukmo Harsono).
Jakarta -

KBRI Panama memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Panama hingga Kostarika. Kerja sama diperkuat melalui pengenalan tentang filosofi Pancasila.

KBRI Panama menggelar resepsi diplomatik HUT ke 76 RI pada Kamis (16/9) lalu secara virtual. Dalam acara tersebut, hadir para duta besar, korps diplomatik, pejabat pemerintahan, conterpart, diaspora WNI serta publik yang dapat menyaksikan langsung melalui wadah streaming.

Dalam pidatonya, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Panama, Sukmo Harsono, menyampaikan tentang Pancasila sebagai filosofi bangsa Indonesia secara detail. Selain itu peningkatan hubungan antara Indonesia dengan negara sahabat merupakan perwujudan dari visi yang telah dicanangkan oleh para pendiri bangsa Indonesia melalui pembukaan konstitusi RI yaitu penjajahan di muka bumi harus dihapuskan.

"Indonesia berharap untuk terus dapat meningkatkan kerja sama dengan Panama dan negara-negara akreditasi antara lain Nikaragua, Kosta Rika, dan Honduras, dengan cara mengeksplorasi berbagai potensi kerja sama sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya di era pandemi COVID 19," kata Sukmo dalam keterangan tertulis, Jumat (17/9/2021).

"Filosofi Pancasila dalam kaitan ini sangat relevan dan sejalan dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger' yang akan menjadi spirit Kepresidenan Indonesia di G-20 tahun depan serta Indonesia-Amerika Latin dan Karibia Business Forum atau INALAC yang akan dilaksanakan pada 14-15 Oktober 2021," imbuhnya.

Sebagai Guest of Honor, Wakil Menteri Luar Negeri Panama Dayra Carrizo Castillero dalam sambutanya atas nama Presiden Panama, Laurentino Cortizo, menyampaikan selamat. Dia menyampaikan harapannya untuk senantiasa meningkatkan kerja sama terutama di era pandemi Covid, 2021.

"Hubungan bilateral yang telah berlangsung secara erat selama ini merupakan fondasi yang kuat untuk semakin meningkatkan hubungan kedua negara di masa pandemi Covid-19," ucapnya.

Dalam acara resepsi diplomatik secara virtual itu, KBRI Panama menampilkan dua tarian tradisional yaitu Tarian Bambangan Cakil dan Tari Rama Shinta yang dibawakan oleh Kelompok Tari Sendratari Prambanan serta pemutaran video promosi keindahan alam serta lagu-lagu daerah nusantara. Para undangan memberikan apresiasi dan respon positif atas keindahan tari-tarian tradisional dan persembahan video.

Meskipun acara berlangsung secara virtual, para undangan tidak beranjak hingga acara berakhir.Tamu undangan memberikan tanggapan bahwa tari-tarian tradisional yang disajikan sangat memukau karena serasa melihat pentas tari-tarian secara langsung di tempat pertunjukan meskipun secara virtual.

(fas/fas)