Round-Up

Jokowi Menanti Erdogan di RI

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 23:03 WIB
Di sela-sela rangkaian acara KTT G20 yang digelar di La Nuvola, Roma, Italia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kedua Presiden membahas sejumlah hal, antara lain rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia.
Foto: (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Apa Kabar Jl Ataturk?

Presiden Jokowi membahas soal rencana kedatangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia. Erdogan sempat direncanakan akan meresmikan jalan tokoh sekuler, Turki Mustafa Kemal Ataturk, menjadi nama jalan di Jakarta. Apa kabar rencana ini?


Sebagaimana diketahui, wacana nama Ataturk untuk nama jalan di DKI Jakarta ini sempat menjadi polemik. Pasalnya, Ataturk dianggap sebagai tokoh yang kontroversial di dunia Islam.


Duta Besar Indonesia untuk Ankara Muhammad Iqbal mengungkapkan bahwa Indonesia berencana mengganti salah satu nama jalan di daerah Menteng dengan nama tokoh Turki tersebut. Peresmian jalan itu mungkin dilakukan saat Presiden Turki mengunjungi Indonesia.

"Kami sudah meminta komitmen dari pemerintah DKI Jakarta untuk pemerintah memberikan nama jalan dengan founding father-nya Turki di Jakarta," kata Duta Besar Indonesia di Ankara Muhammad Iqbal dalam acara Ngopi Virtual, Jumat (15/10).

Iqbal mengaku sudah memberikan data terkait karakter hingga panjang jalan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu jalan di Menteng akan dialokasikan dengan nama Ataturk. Erdogan awalnya diharapkan untuk datang ke Jakarta untuk meresmikan nama jalan ini.

"Diharapkan jalan yang nanti dengan nama Bapak Bangsa Turki di DKI Jakarta itu, nantinya diharapkan akan diresmikan pada saat kunjungan Presiden Erdogan ke Jakarta," kata Iqbal.



Simak Video "Erdogan Mau ke Indonesia Bahas Percepatan Negosiasi IT-CEPA"
[Gambas:Video 20detik]