Langgar Ganjil Genap di TMII, Sejumlah Mobil Diputar Balik Petugas

Firda Cynthia - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 17:57 WIB
Petugas memutar balik mobil yang langgar ganjil genap di kawasan TMII
Petugas memutar balik mobil yang langgar ganjil genap di kawasan TMII Jaktim (Foto: Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Aturan ganjil genap (Gage) di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur masih diberlakukan seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di DKI Jakarta. Sejumlah mobil pengunjung yang menggunakan pelat genap diputar balik oleh petugas.

"Sekitar 10 kendaraan diputar balikkan karena pelat genap," kata Kanit Laka Lantas Polsek Cipayung AKP Anton Budiarto di TMII, Jakarta Timur, Minggu (31/10/2021).

Anton mengatakan, kebanyakan pengunjung yang diputar balik mengaku tidak tahu terkait penerapan gage di kawasan TMII. Ia mengatakan, mobil berpelat nomor tak sesuai tanggal akan dialihkan ke kantung parkir di Grand Terrace yang berlokasi di samping pintu masuk utama TMII.

"Untuk kendaraan yang diputarbalikkan kita siapkan kantong parkir di Grand Terrace. Jadi sesuai tanggal aja, kalau ganjil ya kendaraan ganjil. Kalau tanggal genap ya genap," ujarnya.

Iis, salah satu pengunjung dengan mobil pelat genap, mengaku tidak tahu ada penerapan gage saat memasuki kawasan TMII. Ia mengatakan dirinya dan keluarga hendak menikmati akhir pekannya dengan berwisata ke TMII.

"Belum. Belum tahu," kata pria asal Depok tersebut saat diinstruksikan putar balik oleh petugas.

"Saya jauh-jauh dari Depok mau masuk ke dalam. Liburan sama keluarga," sambungnya.



Simak Video "Kembali Dibuka, Sepinya TMII Hari Pertama Bikin Pengunjung Pangling"
[Gambas:Video 20detik]