BKN Janji Jelaskan Kecurangan Seleksi CPNS 2021 Selasa Depan

ADVERTISEMENT

BKN Janji Jelaskan Kecurangan Seleksi CPNS 2021 Selasa Depan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 14:43 WIB
Seleksi CPNS di Bandung
Ilustrasi seleksi CPNS (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus menyelidiki indikasi kecurangan pada seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) dengan modus remote access di Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dugaan kecurangan itu sebelumnya sempat viral di media sosial.

Kepala BKN, Bima Wibisana mengatakan pihaknya akan segera mengungkap perkembangan penyelidikan mengenai dugaan kecurangan itu. Bima menyebut BKN akan menggelar konferensi pers pada Selasa (2/11) besok.

"Nanti Selasa preskon (konferensi pers)," kata Bima saat dihubungi detikcom, Minggu (21/10/2021).

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama mengatakan BKN sedang menyelidiki apakah ada kecurangan lain dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini selain di Buol, Sulteng.

"Sedang diselidiki," kata Satya saat dihubungi terpisah.

Di tengah heboh kasus dugaan kecurangan tes CPNS, jagat Twitter diramaikan tagar BKNSarangMaling. Dilihat pukul 13.00 WIB, sebanyak 11,9 ribu pengguna telah mencuit dengan tagar tersebut. Mengenai tagar itu, Satya Pratama mengatakan dirinya tak ingin berkomentar. Sementara itu, Bima belum menanggapi soal kehebohan tagar tersebut.

BKN Cuit soal Indikasi Kecurangan

Di sisi lain, BKN melalui akun Twitter resmi mereka, @BKNgoid, juga mencuit soal indikasi kecurangan saat seleksi CASN hari ini. BKN meminta warga untuk mengajukan aduan disertai bukti ke BKN.

"Tenang, ada kanal resminya kok. Kamu bisa ajukan pengaduan disertai dengan bukti aduan lewat https://lapor.go.id," tulis BKN melalui akun Twitter, Minggu (31/10).

"Ingat yang diajukan harus berupa pengaduan dengan bukti valid ya seperti ketidaksesuaian nilai yang diperoleh saat selesai ujian dengan pengumuman hasil seleksi, pemeringkatan 3 kali kebutuhan jabatan yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku," kata BKN.

BKN juga menjelaskan kriteria laporan yang akan ditolak. Laporan yang akan ditolak itu diantaranya nilai peserta yang tidak memenuhi kriteria dan laporan tanpa bukti.

"Laporan akan ditolak apabila yang diadukan adalah perihal nilai kalian yang tidak memenuhi PG atau tdk memenuhi ambang batas 3 kali kebutuhan jabatan, tetapi kalian minta diikutkan pada SKB. Juga jika aduan kalian berisi laporan kecurangan tanpa bukti," katanya.

Lihat juga Video: Apa Jadinya Tes CPNS Rasa Squid Game?

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT