Satgas COVID-19 Beberkan Upaya Pemerintah Transisi Pandemi ke Endemi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 14:26 WIB
Anggpta Tim Pakar Satgas COVID-19 Dewi Nur Aisyah
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah (Tangkapan layar YouTube BNPB)
Jakarta -

Satgas COVID-19 membeberkan upaya pemerintah untuk transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi. Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, menyebut pemerintah saat ini tengah membangun ketahanan kesehatan masyarakat Indonesia.

"Maka lesson learned kita gitu ya belajar bagaimana transisi dari pandemi ke endemi. Kita saat ini tengah berupaya untuk membangun ketahanan kesehatan masyarakat Indonesia, bukan hanya saja menyelesaikan permasalahan COVID tapi juga tantangan-tantangan penyakit baru menular lainnya," kata Dewi dalam siaran langsung di kanal YouTube FNM Society, Minggu (31/10/2021).

Dewi mengatakan ada beberapa cara untuk membangun ketahanan kesehatan manusia, yaitu dengan perubahan perilaku. Dalam hal ini, masyarakat wajib untuk mematuhi protokol kesehatan ketat.

"Caranya adalah satu, perubahan perilaku, ini wajib, kepatuhan protokol kesehatan," kata Dewi.

Tak hanya itu, pemerintah saat ini juga tengah mempercepat kekebalan komunal atau herd immunity dengan terus menggencarkan vaksinasi secara menyeluruh. Penguatan kapasitas dan infrastruktur seperti rumah sakit dan juga isolasi terpusat (isoter) juga menjadi perhatian pemerintah.

"Yang kedua, bagaimana kita mempercepat pembentukan kekebalan komunitas atau herd immunity, ajak semua sekitar kita untuk vaksinasi, ketiga menguatkan kapasitas dan infrastruktur kesehatan, rumah sakit tetap standby, isoter, isolasi terpusat juga dilakukan, testing, tracing," ungkapnya.

Dewi menambahkan, pemerintah mengawasi mutasi varian baru yang sudah masuk di Indonesia, terutama di area perkantoran. Menurut Dewi, mutasi varian baru Corona ini sangat cepat menyebar sehingga perlu adanya pengendalian di tempat kerja.

"Mengawasi distribusi varian ini tetap dilakukan, kita coba lihat varian yang ada di Indonesia, mutasi udah mulai masuk ke kantor, gimana caranya pengendalian juga dapat terjadi di tempat kerja," katanya.

Lihat juga Video: Varian Delta-Komorbid Diuji di Preklinik 2 Vaksin Merah Putih

[Gambas:Video 20detik]