RI Masuk Deret Negara Level 1 COVID, Satgas Ungkap Target Nasional

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 22:15 WIB
Poster
Ilustrasi. Indonesia melawan pandemi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menempatkan Indonesia ke kategori negara level 1 COVID-19. Satgas COVID-19 RI menyatakan penilaian itu tak terlepas dari kerja keras semua pihak.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito meminta semua pihak tetap waspada terhadap penularan COVID-19.

"Pencapaian ini adalah hasil kerja keras semua pihak dan upaya terbaik dalam menyikapinya ialah tetap waspada dan berhati-hati agar kondisi terkendali ini tetap bertahan, bahkan terus membaik," ujar Wiku kepada detikcom, Sabtu (30/10/2021).

Dia mengingatkan COVID-19 belum benar-benar hilang, sehingga masih ada potensi penularannya lagi.

Dia meminta semua pihak tetap disiplin protokol kesehatan (prokes).

"Iya masyarakat harus tetap disiplin protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir. Beberapa negara sekarang sedang naik kasusnya, seperti Inggris, Rusia, Jerman," ucapnya.

Wiku kemudian mengungkap target dan langkah penanganan COVID-19 secara nasional. Satgas COVID-19 nasional meminta semua daerah untuk juga menjalankan tracing, testing, dan treatment (3T).

Di samping itu, sasaran vaksinasi terus diperluas dan lengkap. Satgas COVID-19 juga ingin agar semua daerah akhirnya menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

"Perlu kemampuan tiap daerah (provinsi, kabupaten, kota) untuk mengendalikan COVID dengan menjalankan prokes 3M, 3T, dan vaksinasi. PPKM dijalankan terus sesuai levelnya yang harus dipertahankan menjadi level 1," ungkapnya.

Tonton video 'Corona RI Hari Ini: Tambah 620 Kasus, 698 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.