ADVERTISEMENT

Round-Up

Strategi Kapolda Metro Buat Wajah Baru Tim Patroli Malam Hari

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 06:30 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat jumpa pers penangkapan terduga teroris di Jakarta dan Bekasi, Senin (29/3/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Andhika Prasetia/detikcom)

Akan Dipersenjatai

Mantan Kapolda Jawa Timur ini menambahkan, tim patroli pada malam hari ini juga akan dipersenjatai. Tentunya, perlengkapan persenjataan ini dibarengi dengan pembekalan pelatihan dalam menembak.

"Kita persenjatai, dor di kaki kena di kepala, jangan, itu hanya cerita. Dor di kaki ya harus kena di kaki," ujar Fadil sambil berseloroh.

"Jadi nanti tim-tim yang apalah namanya itu Jaguar, Cobra, Pemburu Preman, Raimas Backbone, nanti semua kita latih cara gunakan motor gimana. Habis itu kemampuan menembak dia, kemampuan bela diri dia. Jadi orang dengar namanya saja udah kencing di celana. Jadi menciptakan heroes-heroes dalam menjaga Ibu Kota perlu dilakukan bersama," tambahnya.


Agar Tim Patroli Tak Bertindak Sesuka Hati

Akpol lulusan 91 ini menambahkan, pembekalan kepada tim patroli sangat penting, agar tim patroli tidak bertindak sesuka hati.

"Supaya jangan ada lagi ada Jaguar, Kobra, apalagi itu tim ketupat sayur, tim lele apa itu macam-macam. Akhirnya dia tumbuh berkembang sendiri suka-sukanya dia," sambungnya.

Fadil Imran menyadari hal ini terjadi karena kesalahan pihaknya sendiri karena tidak membekali tim patroli ini dengan pelatihan khusus.

"Nah, saya minta, ini salah kita juga karena tidak latih mereka, tidak mendidik mereka, tidak membuat spek (spesifikasi) kemampuan mendasar dan spek peralatan," tuturnya.


(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT