ADVERTISEMENT

Round-Up

Strategi Kapolda Metro Buat Wajah Baru Tim Patroli Malam Hari

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 06:30 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat jumpa pers penangkapan terduga teroris di Jakarta dan Bekasi, Senin (29/3/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Andhika Prasetia/detikcom)

Meminimalisir Pelanggaran SOP

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran SOP anggota di lapangan. Sehingga ia tidak khawatir ketika dalam penindakan itu anggota patroli melakukan kesalahan karena sudah dibekali ilmu pengetahuan.

"Nanti silakan kalau televisi mau meliput kegiatannya karena kemampuannya sudah kita latih standar dan peralatannya sudah kita tentukan SOP sudah kita buat. Kita nggak takut lagi dia aneh-aneh di lapangan," urainya.

"(Karena) dia sudah mengerti tentang HAM, dia sudah mengerti tentang perspektif komunikasi, dia mengerti tentang kejahatan, dia mengerti TPTKP dan bagaimana dia mengecek identitas. Kalau ketemu orang mabuk bagaimana dia mengecek kadar alkohol dalam darahnya berapa dengan test kit. Nggak seperti sekarang debat kusir, nggak jelas," tambahnya.

Patroli Malam Hari hingga Subuh

Seperti tim patroli yang sudah ada, Dream Team ini akan melakukan patroli pada malam hari hingga jelang hari. Mulai pekan depan, tim ini akan diberi pelatihan khusus.

"Minggu depan saya mau kumpulkan Tim Sabhara ini biar dia menjadi kelelawar pada malam hari. Dia tugasnya hanya jam 10 malam sampai 5 Subuh muter-muter mengamankan Ibu Kota. Bawa senjata dia. Tawuran, balap liar yang mengganggu keamanan Jakarta di malam hari, jadi dia tugasnya hanya jadi polisi di malam hari," papar Fadil.

Baca di halaman selanjutnya, tim patroli dibekali senjata

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT