ADVERTISEMENT

Round-Up

Strategi Kapolda Metro Buat Wajah Baru Tim Patroli Malam Hari

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 06:30 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat jumpa pers penangkapan terduga teroris di Jakarta dan Bekasi, Senin (29/3/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berencana meleburkan tim-tim patroli jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya menjadi satu yang akan menjadi tim impian (dream team). Dream team ini akan berpatroli menjaga keamanan Ibu Kota pada malam hari.

Tim patroli ini akan tampil dengan 'wajah baru'. Belajar dari kekurangan tim-tim patroli yang ada saat ini, 'Dream Team' diharapkan melakukan patroli secara tegas, namun tanpa melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

Pembentukan tim ini sekaligus menjawab tuntutan masyarakat yang mengharapkan keamanan DKI Jakarta dan sekitarnya. Tim patroli dari Satuan Sabhara ini akan bekerja pada malam hari bak kelelawar.

"Banyak masukan melalui media sosial untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari. Saya berencana akan membuat sebuah 'dream team' yang akan melahirkan heroes-heroes baru untuk mengawal masyarakat supaya boboknya tenang," kata Fadil Imran di sela-sela pembukaan 'Kapolda Cup 2021' di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Tim ini, kata Fadil, akan menjadi wajah baru Polda Metro Jaya di malam hari. Fadil memastikan dengan adanya tim 'kelelawar' ini, tidak ada tempat untuk penjahat bersembunyi.

"Ini akan menjadi wajah baru Polda Metro Jaya, polisi di malam hari. Pokoknya no place to hide. Semua akan pasti ditemukan bila ingin melakukan kejahatan di Jakarta. Tanggung jawab semua ini," tuturnya.

Kemampuan Lebih Ditingkatkan

Fadil mengatakan tim ini akan menjadi satu kesatuan dari tim-tim patroli yang ada di seluruh polres-polres jajaran Polda Metro Jaya, seperti contohnya Raimas Backbone, Tim Jaguar, Tim Kobra, Tim Pemburu Preman dll.

"Ya nanti akan kita satukan, kita akan seragamkan, tapi quality control kita bangun bersama. Alatnya, skill-nya, pengetahuannya kita seragamkan," ucapnya.

Tim ini akan dibekali dengan kemampuan yang ditingkatkan. Tidak hanya kemampuan dalam mengatasi pelaku kejahatan, tetapi tim patroli juga diharapkan memahami tugas dan kewenangannya ketika melakukan penindakan di lapangan.

"Kemampuannya saya latih, kemampuan mengemudi, kemampuan pengetahuan tentang HAM, kemampuan tentang komunikasi, kemampuan tentang kejahatan dan bagaimana transformasi Polri yang diharapkan pimpinan," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.....

Simak juga Video: Kapolda Metro Sebut Kesadaran Umat Islam Tinggi Jaga DKI dari Corona

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT