Sempat Tertunda, Mediasi Luhut dan Haris Azhar-Fatia Akan Digelar Lusa

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 16:31 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah selesai menjalani pemeriksaan terkait laporannya soal pencemaran nama baik Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Luhut diperiksa selama 1 jam atas laporannya tersebut.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akan menghadiri mediasi dengan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya pada pekan depan. Sebelumnya, mediasi sempat tertunda karena penyidik ada kegiatan lain.

Pengacara Luhut, Juniver Girsang, membenarkan soal rencana mediasi kliennya dengan Haris dan Fatia, terlapor di kasus pencemaran nama baik melalui ITE. Mediasi itu akan digelar pada Senin (1/11) di Polda Metro Jaya.

"Iya, saya sudah dapat undangan resmi dan dilaksanakan pada hari Senin, 1 November jam 10," kata Juniver saat dihubungi, Sabtu (30/10/2021).

Namun Juniver belum memastikan apakah Luhut akan menghadiri secara langsung medias tersebut. Dia hanya mengatakan pihaknya menyambut terbuka mediasi yang tengah diupayakan oleh pihak kepolisian.

Juniver masih enggan berkomentar soal rencana mediasi yang bakal berlangsung lusa. Ditanya apakah ada permintaan dari pihak Luhut kepada terlapor agar mediasi berakhir sukses, Juniver hanya mengatakan pihaknya hanya akan mengikuti prosedur yang berlaku.

"Karena kita pelapor kita dengar saja dulu dari mereka dan kita mau ikutin langkah-langkah yang dilakukan kepolisian gimana bentuk mediasinya. Karena kita yang melaporkan tentu kami meminta pertanggungjawaban tinggal mereka menyikapi laporan kami," terang Juniver.

Sejauh ini Juniver mengaku belum ada permintaan khusus dari Luhut perihal rencana mediasi. Permintaan untuk terlapor men-take down video di YouTube yang menjadi dasar laporan pihak Luhut pun belum disampaikan oleh Luhut secara langsung.

"Belum, belum nanti kita lihat gimana usulannya. Nanti kita lihat perkembangan pada saat pertemuan mediasi. Saya juga belum bisa menebak menerka kira-kira materi apa yang dibicarakan," ujar Juniver.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya