8 Pendaki Dievakuasi Saat Mau Rayakan Sumpah Pemuda di Gunung Bawakaraeng

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 14:21 WIB
Tim SAR gabungan mengevakuasi empat pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulsel (dok. Istimewa).
Ilustrasi / Tim SAR gabungan saat mengevakuasi pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng beberapa waktu lalu (dok. Istimewa)
Makassar -

Delapan orang pendaki di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), dievakuasi saat hendak merayakan hari Sumpah Pemuda di Gunung Bawakaraeng. Evakuasi dilakukan setelah seorang anggota rombongan mual-mual.

"Delapan orang (pendaki dievakuasi)," ucap Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadlyh saat dimintai konfirmasi, Sabtu (30/10/2021).

Hasan mengatakan delapan pendaki itu memulai pendakian ke Gunung Bawakaraeng pada Selasa (26/10) malam. Namun, ketika di pos bayangan, delapan pendaki tersebut dievakuasi karena seorang dari mereka ada yang menderita mual.

"Cuma mual itu, nggak berpotensi, cuma sekadar mual. Tidak (hipotermia) cuma mual karena tidak sarapan baru pergi mendaki," ungkap Hasan.

Hasan mengatakan pihak kepolisian dan sejumlah potensi SAR memang mendirikan sebuah posko di kaki gunung. Sehingga saat ada laporan terkait pendaki mual, petugas SAR langsung menjemput korban di Pos bayangan.

Pendaki tersebut akhirnya dijemput potensi SAR pada pukul 01.00 Wita, Rabu (27/10). Mereka dievakuasi ke kaki gunung.

"Hari Rabu dini hari, jadi waktunya dini hari. Mereka kita jemput dan kita arahkan nge-camp di Lembanna," pungkas Hasan.

Simak juga 'Proses Evakuasi 2 Pendaki yang Tewas Hipotermia di Gunung Bawakaraeng':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)