Anggota DPR Desak Parkir Liar di Minimarket Ditertibkan!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 06:40 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI fraksi PKB, Jazilul Fawaid mendukung agar parkir liar di minimarket ditertibkan. Dia meminta agar Satpol PP setempat turun ke lapangan.

"Saya setuju penertiban parkir liar namun jangan sampai munculkan masalah baru," kata Jazilul kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Selain itu, Jazilul juga mengusulkan agar minimarket menyediakan petugas walaupun parkir di area mereka gratis. Hal itu, kata dia, sebagai salah satu tanggung jawab dan mencegah adanya parkir liar.

"Alfamart dan Indomaret mestinya juga mengangkat petugas parkir agar tertib dan lancar. Bagian dari tanggung jawab ketertiban lingkungan. Pengunjung dapat fasilitas parkir gratis tapi tidak ada petugas parkir resmi tetap saja akan munculkan parkir liar," katanya.

Jazilul juga mendorong agar Satpol PP menertibkan parkir liar di wilayahnya. Sebab, penertiban itu adalah salah satu tanggung jawab Satpol PP.

"Satpol PP sudah cukup sebab masalah parkir liar biasanya terjadi di kota-kota besar saja. Kan titik beratnya pada penertiban dan keindahan kota," sebut dia.

Warga Bekasi akhir-akhir ini dihebohkan oleh spanduk parkir gratis di Indomaret dan mempersilakan lapor polisi jika ada parkir liar. Polisi pun dibanjiri aduan dari warga.

Spanduk Indomaret itu juga viral di media sosial. Spanduk itu berisikan permintaan agar pelanggan melapor ke polisi jika ditagih uang parkir di area parkir gratis.

"Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat," demikian potongan kalimat di spanduk warna kuning itu.