Indomaret Turunkan Spanduk 'Ditagih Parkir Lapor Polisi' Usai Aduan Nyasar

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 14:57 WIB
Indomaret Bekasi turunkan spanduk Ditagih Parkir Lapor Polisi (Foto: Nahda/detikcom)
Foto: Indomaret Bekasi turunkan spanduk 'Ditagih Parkir Lapor Polisi' (Foto: Nahda/detikcom)
Bekasi -

Spanduk yang meminta konsumen untuk melapor ke polisi jika ditagih uang parkir di Indomaret, Bekasi Selatan sudah tak terlihat lagi. Spanduk itu kini telah diturunkan.

Pantauan detikcom pada Jumat, (29/10/2021) pukul 13.21 WIB, spanduk itu sudah tidak terlihat di tempat sebelumnya. Hanya terlihat spanduk-spanduk promo barang dari Indomaret itu sendiri.

Di bagian depan Indomaret terlihat plang bertuliskan 'Parkir Gratis Khusus Konsumen Indomaret Saat Berbelanja. Gunakan Kunci Tambahan Pada Kendaraan Anda'. Tidak lagi ada imbauan laporan kepada polisi terdekat.

Pegawai Indomaret yang tengah bertugas enggan memberikan komentar perihal keberadaan spanduk itu. Dia mengaku tidak tahu soal kapan pencopotan spanduk itu.

Isi Spanduk

Spanduk Indomaret itu sebelumnya viral di media sosial. Spanduk itu berisikan permintaan agar pelanggan lapor polisi jika ditagih uang parkir di area parkir gratis.

"Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat," demikian potongan kalimat di spanduk warna kuning itu.

Spanduk itu juga mencantumkan nomor polisi yang bisa dihubungi, yakni nomor Polsek Bekasi Selatan dan Polres Metro Bekasi.

Aduan Nyasar ke Kapolres Pasuruan

Namun, spanduk tersebut berbuntut panjang. Sebab, nomor yang dicantumkan merupakan nomor pribadi Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman. Arman memang sebelumnya menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Metro Bekasi.

Alhasil, Arman pun kebanjiran aduan warga Bekasi soal pungli dan premanisme di Indomaret dan Alfamart. Pesan demi pesan terus masuk ke ponsel pribadinya sejak spanduk itu viral.

"Masih, sampai sekarang. Tadi malam ada, tadi pagi ada," kata Arman kepada detikcom, Jumat (29/10/2021).

"Masih seputar pungli," lanjutnya.

detikcom sudah mengubungi Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group), Wiwiek Yusuf via telepon dan WhatsApp. Namun, hingga berita ini dipublish Wiwiek belum merespons.

Indomaret Langsung Merespons

Aduan pungli nyasar, Indomaret pun langsung menghubungi Arman. Indomaret menyampaikan spanduk yang berisikan nomor pribadi Arman sudah diturunkan.

"Indomaret sudah (merespons). Sudah telepon," kata Arman kepada detikcom, Jumat (29/10/2021).

Spanduk, kata Arman, juga disampaikan akan diganti.

"Spanduknya sudah dicabut. Mungkin akan diganti," ujarnya.

Lihat juga video 'Dear Pak Polisi, Ada Pungli Parkir di Kesawan Medan Nih!':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)