MenPAN-RB Minta Polri Bikin Seleksi Khusus untuk 57 Eks Pegawai KPK

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 16:52 WIB
Sekjen KPK Cahya Harefa mengantarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menuju kendaraan dinas menteri di gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2020).
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo melayangkan surat permohonan penetapan kebijakan pengangkatan 57 eks pegawai KPK menjadi ASN Polri. Tjahjo meminta Polri membuat seleksi secara khusus terhadap Novel Baswedan dkk.

"Polri melaksanakan seleksi secara khusus terhadap eks pegawai KPK tersebut melibatkan instansi pemerintah terkait," tulis Tjahjo dalam poin e seperti dilihat detikcom, Jumat (29/10/2021).

Surat itu bernomor B/1534/M.SM.01.00/2021 dan ditujukan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Surat tersebut diterbitkan pada 16 Oktober 2021.

Tjahjo menyebut seleksi khusus harus dilakukan dengan mempertimbangkan kompetensi masing-masing eks pegawai KPK. Pasalnya, 57 eks pegawai KPK yang baru-baru ini dipecat berasal dari bidang kerja yang berbeda.

"Proses seleksi secara khusus sebagaimana huruf e, dapat dilakukan dengan mempertimbangkan pengalaman dan kompetensi yang bersangkutan selama bekerja di lingkungan KPK yang diatur dalam Peraturan Kapolri," tulis Tjahjo di poin f.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan membenarkan Polri telah menerima surat dari Tjahjo. Saat ini, surat permohonan tersebut telah diproses Polri.

"Ya, sudah. Itu masih dalam proses," ujar Ramadhan saat dihubungi.

Simak juga video 'Kesibukan Novel Baswedan Selepas Dipecat KPK':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.