Wakil Ketua MPR Sebut 4 Pilar Harus Menyatu di Diri Rakyat Indonesia

In - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 14:22 WIB
Fadel Muhammad Sosialisasi 4 Pilar di Gorontalo
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo. Dalam kunjungannya, ia juga menghadiri Sosialisasi Empat Pilar yang digelar bersama Yayasan Cahaya Madani (YCM) di Kantor Desa Tabongo Barat, Gorontalo, Kamis (28/10).

Dalam acara tersebut, Fadel mengatakan Empat Pilar MPR menjadi nilai luhur bangsa yang harus menyatu di dalam diri rakyat Indonesia. Masyarakat juga perlu menjadikan Empat Pilar MPR sebagai karakter dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Ini sangat penting saya tekankan, sebab Indonesia adalah negara yang sangat besar, yang dihuni bermacam suku bangsa. Keberagaman sangat besar ini perlu diikat kuat oleh nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar," katanya dalam keterangannya, Jumat (29/10/2021).

Melihat pentingnya Empat Pilar MPR, Fadel mengungkapkan saat ini pihaknya tengah gencar mensosialisasikan pemahaman Empat Pilar kepada seluruh elemen. Hal ini termasuk akademisi perguruan tinggi, kalangan birokrat, partai politik, ormas, organisasi agama dan masyarakat umum.

"Sambutan masyarakat, dari pengalaman saya pribadi saat melakukan sosialisasi sangat antusias. Intinya, rakyat menginginkan negara ini utuh, rakyatnya selalu bersama dalam wadah NKRI. Makanya, segala upaya untuk memperkuat keutuhan negara ini sangat didukung dalam bentuk partisipasi aktif sebagai peserta," ujarnya.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini menjelaskan pemerintah saat ini juga mendukung Empat Pilar melalui berbagai kebijakan dan kegiatan sebagai menjaga persatuan kesatuan bangsa. Salah satunya dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

"Upaya pemerintah ini sangat luar biasa dan saya apresiasi. Tujuan besarnya adalah mempersatukan masyarakat Indonesia dalam satu kegiatan besar bersama. Apalagi dilakukan di Papua, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih utuh, tidak tergoyahkan dan kuat persatuannya," tambahnya.

Fadel mengatakan dengan memegang teguh nilai luhur bangsa, sinergi pemerintah dan rakyat dalam menghadapi pandemi COVID-19 telah memberikan hasil positif. Kerja sama ini telah berhasil melandaikan kasus terinfeksi virus sehingga masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitasnya.

"Tapi, perjuangan belum usai, pandemi masih ada. Untuk itu, saya mengajak, ayo seluruh elemen bangsa untuk tetap bersama dengan berpegang teguh kepada Empat Pilar, menghadapi semua masalah bangsa saat ini dan tantangan masa depan untuk meraih cita-cita meraih kesejahteraan bersama," katanya.

Selain melakukan sosialisasi, Fadel juga menyambangi lokasi pembangunan Pondok Pesantren Cahaya Madani di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo. Adapun pembangunan Ponpes seluas hampir 20 hektare ini turut didukung investor asal Arab Saudi.

"Begitu saya diinfokan akan dibangun ponpes besar, saya langsung dukung. Kebetulan ada kesempatan hari ini kegiatan di Gorontalo, saya kunjungi untuk melihat dari dekat. Lokasinya bagus, masyarakat di wilayah ini juga sangat membutuhkan lembaga pendidikan untuk anak-anaknya," katanya.

Meski baru masuk pembangunan tahap pertama, Fadel mengatakan ponpes diharapkan dapat memberikan banyak manfaat. Pertama, ponpes ini diharapkan akan menjadi lokomotif lembaga pendidikan yang mensinergikan pendidikan agama dan pendidikan modern di Provinsi Gorontalo.

Kedua, ponpes diharapkan dapat terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan akhlak, khususnya bagi generasi muda bisa, dan bermanfaat buat bangsa. Ketiga, Fadel berharap ponpes dapat membawa nama baik Gorontalo ke tingkat nasional dan internasional dan menjadi ponpes terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

"Pada intinya, saya mendukung dan membantu semampu saya, semua upaya untuk memajukan bangsa dan negara khususnya generasi muda Indonesia melalui pendidikan. Pesan saya, pendidikannya harus berkualitas dan terjangkau untuk rakyat," katanya.

Sementara itu, Ketua YCM Supardi Liu mengapresiasi atas kunjungan Fadel Muhammad ke ponpes. Ia berharap rencana pembangunan ponpes ke depannya dapat terlaksana dengan baik sehingga harapan yang disampaikan Fadel bisa terwujud.

"Alhamdulillah, Bapak Fadel Muhammad berkenan mengunjungi lokasi. Semua harapan beliau mudah-mudahan akan terlaksana dan ponpes ini akan menjadi ponpes terbesar di Provinsi Gorontalo," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut turut hadir anggota MPR dari Kelompok DPD daerah Gorontalo Abdurrahman Abubakar Bahmid, Ketua YCM Supardi Liu, Kepala Desa Tabongo Barat Hairudin Umar, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar sebagai peserta.

(fhs/ega)