Gempa M 3,5 Guncang Karangasem Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 10:25 WIB
Gempa bumi magnitudo (M) 3,5 terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (Dok. BBMKG Wilayah III Denpasar)
Foto: Gempa bumi magnitudo (M) 3,5 terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (Dok. BBMKG Wilayah III Denpasar)
Karangasem -

Gempa bumi magnitudo (M) 3,5 terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengabarkan gempa terjadi pada Jumat (29/10/2021) pukul 03.32 Wita.

Episenter terletak pada koordinat 8,19° LS dan 115,51° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut dari Karangasem pada kedalaman 10 km.

Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo mengatakan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa ini diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif di laut.

Berdasarkan laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, II sampai III Modified Mercalli Intensity (MMI). Agus menegaskan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

Hingga pukul 06.20 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Agus meminta masyarakat tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujar Agus.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," imbuhnya.

Simak video 'BMKG Minta Masyarakat Waspadai Tsunami yang Tidak Dipicu Gempa':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)