Ketua DPD RI Siap Perjuangkan Perubahan Status IAIS Sambas Jadi IAIN

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 14:52 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam peringatan Hari Santri
Foto: DPD
Jakarta -

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan siap memperjuangkan perubahan status Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS) Sambas menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Hal itu diungkapkannya usai menerima aspirasi akademisi IAIS Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas saat FGD di IAIN Pontianak.

"Tadi kami menerima aspirasi dari IAIS Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas melalui Ketua DPRD Sambas, dan insyaallah siap kami perjuangkan," katanya dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021).

Saat jamuan makan malam dengan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Kalbar, LaNyalla mengatakan sudah banyak kampus IAIN yang ia perjuangkan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

"Ada sembilan UIN yang sudah kita perjuangkan. Sekarang kita ajukan lagi beberapa kampus. Mudah-mudahan bisa selesai tahun ini atau paling lambat tahun depan. Untuk IAIS sudah kita terima aspirasinya dan akan kita teruskan," ujar dia.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan sebagai wakil daerah sudah menjadi tugasnya menerima aspirasi dari daerah. LaNyalla meminta doa agar selalu tegak lurus dalam menerima dan menjalankan amanah. Sebab ke depan, ada banyak persoalan bangsa yang mesti dibenahi, utamanya melalui agenda besar Amandemen ke-5 Konstitusi.

"Di Kalbar ada empat orang senator dan sudah ada kantor perwakilannya. Kalau ada aspirasi silahkan sampaikan. Tugas kami adalah mengawasi dan menyampaikan aspirasi," paparnya.

Dalam makan malam, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menceritakan banyak hal kepada LaNyalla, dari penanganan COVID-19 hingga alokasi dana perimbangan dari pusat. Kendati begitu, ia mengucapkan terima kasih kepada LaNyalla dan seluruh jajaran DPD RI, terkhusus asal Kalbar, yang telah berbuat banyak untuk provinsi yang dipimpinnya itu.

"Jadi, saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan perjuangan aspirasi yang sudah dilakukan. Ke depan, saya harap kolaborasi ini dapat terus terjalin sehingga cita-cita kita bersama membangun dan menyejahterakan daerah itu dapat segera terwujud," tutur dia.

Pada kesempatan itu, LaNyalla didampingi sejumlah senator di antaranya Bustami Zainuddin (Lampung), Sukiryanto dan Erlinawati (Kalbar), Andi Muhammad Ihsan (Sulsel) dan Fachrul Razi (Aceh).

(ncm/ega)