detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: 3 Ekskavator Angkut Sampah Waduk Pluit

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 14:16 WIB
Ekskavator keruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Ekskavator mengeruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Pembersihan Waduk Pluit terus dilakukan. Kini tiga alat berat berupa ekskavator mulai bergerak di waduk membereskan sampah dan eceng gondok.

Berdasarkan pantauan detikcom dari Jl Waduk Pluit Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (28/10/2021) siang, pasukan oranye langsung bekerja, termasuk mengoperasikan ekskavator, untuk mengangkut sampah dari waduk.

Tiga ekskavator terus bekerja sepanjang siang melakukan pembersihan. Kotoran sampah dan tanaman eceng gondok pun mulai diangkat. Selanjutnya, sampah tersebut nantinya akan diangkut dari lokasi dengan menggunakan kendaraan sampah.

Selain itu, kerikil bebatuan yang berada di dasar waduk juga dikeruk dengan menggunakan alat berat tersebut.

Ekskavator keruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Ekskavator mengeruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Kendati begitu, tumpukan sampah yang dikeruk dengan menggunakan ekskavator tersebut menyisakan beberapa masalah. Arus angin yang cukup kencang membawa tanaman eceng gondok tersebut ke tengah-tengah waduk dan menjauh dari pinggiran waduk.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengaku sedang membersihkan Waduk Pluit Selatan, Jakarta Utara, yang penuh sampah. Pengerjaan disebut telah dilakukan hampir sepekan terakhir.

Ekskavator keruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Ekskavator mengeruk sampah Waduk Pluit, 28 Oktober 2021, siang. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

"Giatnya sudah hampir seminggu sampai dengan pagi ini," ucap pejabat Humas Dinas LH DKI Jakarta, Yogi Ikhwan.

Yogi mengirimkan foto pembersihan waduk oleh petugas Dinas LH. Dari keterangan di foto, tertulis bahwa foto itu diambil pada hari ini pukul 08.10 WIB.

(dnu/tor)