detikcom Do Your Magic: Waduk Pluit yang Penuh Sampah Dibersihkan!

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 11:00 WIB
Sampah di Waduk Pluit Selatan Dibersihkan
Foto: dok. Dinas LH DKI Jakarta
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengaku sedang membersihkan Waduk Pluit Selatan, Jakarta Utara, yang penuh sampah. Pengerjaan disebut telah dikerjakan sudah hampir seminggu.

"Giatnya dah hampir seminggu sampai dengan pagi ini," ucap pejabat humas Dinas LH DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, Kamis (28/10/2021).

Yogi mengirimkan foto pembersihan waduk oleh petugas Dinas LH. Dari keterangan di foto, tertulis bahwa foto itu diambil pada hari ini pukul 08.10 WIB.

Dilihat dari foto tersebut, sejumlah petugas sedang menunduk membersihkan sampah.

Beberapa sampah di pinggir waduk terlihat sudah bersih. Tinggal tumpukan lumpur yang menumpuk di pinggir Waduk Pluit.

Selain itu, terlihat ekskavator di tengah-tengah waduk. Ekskavator itu membersihkan eceng gondok dan lumpur lainnya.

Sebelumnya, Jumadi Suroso membagikan ceritanya di Waduk Pluit melalui PasangMata.detik.com. Dia mengunggah sebuah video kondisi Waduk Pluit Selatan. Di video tersebut, terlihat sampah menumpuk di sepanjang sisi waduk. Tak hanya itu, terlihat juga sampah eceng gondok.

"Kebetulan lewat jalan Waduk Pluit Selatan, berhenti sebentar, lihat waduk," kata Jumadi saat dihubungi detikcom, Selasa (26/10/2021).

"Banyak sekali sampahnya," katanya.

Aminah Dwi, salah satu pedagang kaki lima di sana, mengatakan tumpukan eceng gondok dan sampah liar tersebut sudah lama ada dan tak pernah ada langkah konkret.

Selain eceng gondok, ada pelbagai sampah plastik di permukaan waduk. Terlihat sedimentasi waduk menyembul ke permukaan, seolah menanti dikeruk ekskavator.

"Sudah begitu juga keberadaan eceng gondok dan sampah tersebut menimbulkan bau tak sedap," kata Aminah Dwi, pedagang yang akrab betul dengan kondisi waduk di depan hidungnya, saat ditemui di lokasi, Rabu (27/10).

(aik/tor)