Tak Sampai Depan Istana, Massa Demo Ditahan di Patung Kuda

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 13:51 WIB
Demonstran tertahan di Patung Kuda Jl Medan Merdeka Barat.
Masa demonstran ditahan di Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat. (Dias/detikcom)
Jakarta -

Rencananya, massa dari sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi demo di depan Istana Merdeka. Namun, polisi menyekat di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jl Medan Merdeka Barat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan massa aksi hanya diizinkan menyampaikan aspirasi di kawasan sekitar Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda.

"Iya kita tahan di sini (patung kuda) ," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di lokasi, Kamis (28/10/2021).

Sambodo menuturkan Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Negara dan sebaliknya ditutup. Massa aksi tidak dapat melanjutkan long march menuju Istana Negara.

"Kita sekat di depan gedung Sapta Pesona," tuturnya.

Sambodo menyampaikan penutupan bersifat situasional. Adapun jalan yang ditutup mulai dari kawasan patung kuda, Harmoni, hingga Gambir.

"Penutupan hari ini sekitaran patung kuda Sapta pesona, kemudian dari Harmoni sama dari arah Gambir ke arah Istana, mungkin nanti semua sifatnya situasional menunggu pergerakan di lapangan," ucapnya.

Sambodo menyampaikan massa aksi akan berkumpul di sejumlah titik. Mereka kemudian akan melakukan long march.

"Sementara (titik kumpul massa aksi) itu di kantor ILO jalan Thamrin, Kedubes Amerika Serikat Balaikota sama di Patung Kuda," ujarnya.

Seperti diketahui, BEM Universitas Indonesia (UI) bersama aliansi buruh bakal menggeruduk Istana Merdeka, Jakarta, hari ini. Mereka bakal menggelar aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada hari ini.

"Evaluasi untuk negara ini belum selesai. Masih banyak hal yang harus disuarakan. Momentum dua tahun Jokowi-Ma'ruf harus digunakan untuk memberi evaluasi terhadap kinerja Kabinet Indonesia Maju," tulis BEM UI dalam akun Instagram-nya, seperti dilihat pada Kamis (28/10).

Simak juga 'Ada Demo Buruh-Mahasiswa, Ruas Jalan Menuju Istana Ditutup':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)