Ada 31 Titik Demo Mahasiswa di Makassar, 1.800 Polisi Disiagakan

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 12:04 WIB
Ilustrasi Makassar
Situasi jalanan di Kota Makassar (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Polrestabes Makassar menurunkan 1.800 personel untuk mengamankan unjuk rasa mahasiswa pada Hari Sumpah Pemuda. Ada 31 titik demo di Makassar.

"Banyak lokasi, sampai hari ini kita amankan 31 lokasi di Makassar dengan jumlah personel 1.800 personel," kata Kabag OPS Polrestabes Makassar Kompol Nugraha melalui sambungan teleponnya, Kamis (28/10/2021).

Nugraha mengingatkan massa mahasiswa agar berunjuk rasa sesuai aturan, salah satunya tidak mengganggu masyarakat pengguna jalan.

"Prokes tolong perhatikan juga itu penting, juga pengguna jalan, sikap toleransi orang Bugis Makassar, yakni Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi, dikedepankan juga," jelasnya.

"Boleh sampaikan aspirasi, tapi perhatikan pengguna jalan juga, perhatikan kepentingan masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Kabag Humas Polrestabes Makassar AKP Lando berharap aksi memperingati Hari Sumpah Pemuda dilakukan dengan bijak. Ia meminta dilakukan dengan tertib.

"Ya harus dilakukan dengan bijaklah, tidak anarkis dan dilakukan dengan humanis, menghargai pengguna jalan lain, tidak menutup jalan," kata Lando.

Lando menyebut polisi sudah siap melakukan pengamanan aksi unjuk rasa di sejumlah lokasi. Titik aksi akan menjadi perhatian polisi.

"Jadi sudah disebar, kapan saja ada panggilan, di mana membutuhkan personel dukungan dan bantuan, akan bergerak ke sana," jelasnya.

(nvl/nvl)