Puluhan Pengendara Kena Tilang Langgar Ganjil Genap di Fatmawati Jaksel

Firda Cynthia - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 10:51 WIB
Puluhan Pengendara Kena Tilang Langgar Ganjil Genap di Fatmawati Jaksel
Puluhan Pengendara Kena Tilang Langgar Ganjil Genap di Fatmawati Jaksel. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Polisi menerapkan sanksi tilang bagi pengendara melanggar ganjil-genap di 13 titik di Jakarta, salah satunya Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel). Puluhan pengendara kena sanksi tilang.

"Pelanggar kurang-lebih 30-an," kata Perwira Unit (Panit) Tindak Jakarta Selatan Ipda Dodiet Hardianto di lokasi, Kamis (28/10/2021).

Pantauan di lokasi, situasi lalu lintas di titik gage Jalan Fatmawati terpantau macet. Tampak polisi menyisir mobil-mobil yang berpelat ganjil di tanggal genap hari ini. Para pelanggar diarahkan untuk berhenti di sisi kiri jalan.

"Selamat pagi. Ganjil-genap, Bapak," ujar salah satu petugas ke pengemudi.

"Oh, saya nggak tahu," ujar pengemudi itu.

"Itu kan di sana juga ada tulisannya (spanduk), Pak," kata polisi.

Pengemudi dengan mobil berpelat ganjil lantas diberi surat tilang. Pelanggar gage dikenai Pasal 287 ayat 1 Undang-Undang (UU) Lalu Lintas dengan sanksi kurungan penjara hingga dua bulan atau denda maksimal Rp 500.000.

Kanit 1 Satpamwal Polda Metro Jaya AKP Reza Hafiz menuturkan para pelanggar bersikap kooperatif saat dilakukan penindakan.

"Iya penindakan. Untuk para pelanggar sendiri yang dilakukan penindakan Alhamdulillah tidak ada yang protes," kata Reza.

Dia berharap masyarakat memahami dan mematuhi pemberlakuan aturan gage demi mengurangi mobilitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kami mengharapkan juga untuk masyarakat lainnya mohon untuk dipahami bahwa saat ini gage sudah diberlakukan di wilayah DKI Jakarta sehingga masyarakat dimohon untuk bisa memahami dan mematuhi peraturan tersebut," ujarnya.

Lihat Video: Hari Terakhir Sosialisasi Gage, Puluhan Kendaraan Disetop di Fatmawati Pagi Ini

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)