Pemko Pekanbaru Resmi Terapkan Parkir Berbayar di Minimarket

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 10:28 WIB
Juru parkir liar di minimarket di Pekanbaru (Raja-detikcom)
Juru parkir liar di minimarket di Pekanbaru. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, resmi menerapkan parkir berbayar di Alfamart dan Indomaret. Penerapan parkir ini setelah NPWP pajak di kedua minimarket itu dicabut.

"Jadi dulu ada namanya pajak parkir dan retribusi parkir. Kalau pajak parkir itu di luar badan jalan, kalau retribusi di jalan umum," kata Kepala Bapenda Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Rabu (27/10/2021).

Terhitung sejak 15 Oktober, kebijakan itu berubah. Selanjutnya pajak parkir yang disetorkan ritel ke Bapenda tidak berlaku lagi.

"Sekarang namanya jasa layanan umum perparkiran dan disebut ruang milik jalan dikelola pemda. Sejak 15 Oktober kemarin dialihkan (ke Dinas Perhubungan), NPWP pajak sudah kita cabut," kata Zulhelmi.

Selanjutnya parkir berbayar dikelola pihak ketiga melalui UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Pekanbaru. Artinya, sejak 2 pekan terakhir parkir berbayar sudah mulai berlaku.

"Sekarang (parkir) dikelola oleh pihak ketiga melalui UPT Perparkiran Dishub. Sudah berlaku," katanya.

Diketahui, parkir berbayar di minimarket sempat dihentikan setelah menuai protes. Berbagai spekulasi muncul mulai dari kontrak yang mencapai 10 tahun hingga berbentur peraturan pajak dan retribusi.

Setelah melewati proses panjang, parkir berbayar akhirnya diberlakukan di Kota Pekanbaru. Seluruh minimarket, termasuk Alfamart dan Indomaret, kini dikenai tarif parkir.

(ras/idh)