Kapolsek Kutalimbaru Diganti Imbas Anggota Diduga Cabuli Istri Tersangka

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 02:59 WIB
Suasana Sertijab Kapolsek Kutalimbaru di Mapolrestabes Medan
Suasana Sertijab Kapolsek Kutalimbaru di Mapolrestabes Medan (Foto: dok. Humas Polrestabes Medan)
Medan -

Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko memimpin serah terima jabatan Kapolsek Kutalimbaru. AKP Kasir Nasution menjabat sebagai Kapolsek yang baru menggantikan AKP Henry Surbakti yang dicopot imbas anggotanya diduga mencabuli istri dari tersangka kasus narkoba.

"Kita ketahui bersama bahwa serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan hal biasa. Ini merupakan proses pembinaan personel dan kaderisasi kepemimpinan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipasif terhadap dinamika perkembangan situasi Kamtibmas di lingkungan masyarakat yang semakin kompleks," kata Riko dalam sambutannya di Mapolrestabes Medan, Rabu (27/10/2021).

Riko berharap dengan adanya proses pergantian ini pelayanan Polsek Kutalimbaru semakin baik kepada masyarakat. Dia mengingatkan soal peran Polri sebagai pelindung masyarakat.

"Jadi harapan kita bersama dengan adanya pergantian jabatan seperti ini akan tetap terpelihara daya manajerial dan daya opsnal yang handal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai fungsi dan peranannya selaku pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta sebagai penegak hukum yang profesional," ujarnya.

Riko mengucapkan terimakasih kepada AKP Henry yang sudah menjalankan tugas sebagai Kapolsek Kutalimbaru. Untuk Kapolsek yang baru, Riko berpesan untuk lebih siap menjalankan tugas.

"Saya berpesan agar lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan tugas, terutama yang berkaitan langsung dengan masyarakat luas, persiapkan diri, fisik dan mental serta tingkatkan kewaspadaan Polri yang humanis dan tegas," jelas Riko.

Eks Kapolsek Kutalimbaru AKP Henry sebelumnya dicopot Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Simanjuntak dalam rangka pemeriksaan. Hal ini berkaitan adanya personil Polsek Kutalimbaru yang diduga mencabuli istri dari tersangka.

"Makanya kemarin, tadi malam saya sudah copot yang bersangkutan, termasuk kapolsek-nya, dan penyidiknya. Ini tidak boleh dilakukan oleh seorang anggota Polri, dia harus menunjukkan dirinya sebagai anggota Polri yang bisa melindungi dan melayani masyarakat," ucap Panca kepada wartawan, Selasa (26/10).

Panca menegaskan para polisi yang dicopot itu ditarik dari Polsek Kutalimbaru. Mereka sedang diperiksa di Propam Polda Sumut.

"Saya sudah tarik kapolsek, kanit, dan penyidiknya beserta yang melakukan dugaan itu. Sekarang dalam pemeriksaan Propam," sebut Panca.

Simak juga Video: Perlawanan Eks Kapolsek Parigi yang Dipecat Gegara Kasus Perkosaan

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)