DKI Diguyur Hujan Deras, Wagub Klaim Tak Ada Laporan Banjir di Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 22:40 WIB
Jakarta Zona Hijau Corona Kata Wagub, Ini Data Corona Terbaru
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Hujan deras mengguyur hampir seluruh wilayah DKI Jakarta sore tadi. Meskipun begitu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim derasnya hujan tak menyebabkan banjir di Ibu Kota.

"Alhamdulillah sekalipun hujan berdasarkan pemantauan banjir tidak ada genangan yang berarti ya. Sampai saat ini kami belum ada terima laporan terkait genangan apalagi banjir," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (27/10/2021).

Riza berharap ke depannya Jakarta tetap terhindar dari bencana banjir. Sejauh ini, Pemprov DKI tengah mengerjakan berbagai program penanganan banjir, dari gerebek lumpur hingga pembangunan sumur resapan.

"Mudah-mudahan ke depan dengan program-program yang ada, seperti pengerukan, gerebek lumpur, pembuatan waduk, sumur resapan, dan lain-lain kita bisa mengurangi genangan dan terhindar dari banjir," ujarnya.

Sebagai informasi, sejumlah wilayah di Jakarta melaporkan adanya genangan air. Salah satunya kawasan perumahan warga di Cakung Timur, Jaktim, sempat terendam banjir setinggi 30 cm.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Muhammad Insyaf mengakui sejumlah titik sempat terendam. Kendati demikian, dia memastikan seluruh genangan telah surut.

"Alhamdulillah sampai saat ini data genangan nihil karena sudah tertangani di lapangan oleh kelurahan dan dinas terkait Dinas SDA, Damkar," ucapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun detikcom, berikut ini kawasan yang sempat terjadi genangan hari ini:

Jakarta Timur
- Jalan DI Panjaitan tergenang setinggi 15 cm
- Terowongan Cawang menuju Tanjung Priok tergenang setinggi 20 cm
- Perumahan warga di Cakung, Jakarta Timur, banjir setinggi 30 cm

Jakarta Selatan
- Jalan Kemang Utara IX, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, banjir setinggi 30 cm

Simak Video: Potensi Hujan di Sejumlah Wilayah Indonesia

[Gambas:Video 20detik]




(taa/fas)