Polri: 2 Anak di Intan Jaya Terkena Tembakan KKB, 1 Tewas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 19:37 WIB
Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, (dok. Polda Papua)
Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal (Foto: dok. Polda Papua)
Jakarta -

Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali membuat onar di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dua anak-anak menjadi korban. Salah satunya akhirnya meninggal dunia.

"KKB kembali melakukan aksi penembakan di Kabupaten Intan Jaya yang mengakibatkan dua orang masyarakat terkena tembakan dan satu di antaranya meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Rabu (27/10/2021).

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (26/10). Awalnya, kelompok separatis teroris (KST) itu menyerang kantor TNI AD dan polisi di Intan Jaya.

"KKB melakukan penembakan terhadap pos Koramil dan Polsek Sugapa sehingga personel membalas tembakan dan terjadi kontak tembak," kata dia.

Saat terjadi kontak tembak, dua anak-anak bersama orang tuanya sedang beraktivitas di sekitar rumah. Kedua anak tersebut terkena serpihan tembakan.

"Dua anak sedang dengan orang tuanya beraktivitas di sekitar rumah, sehingga menjadi sasaran KKB tersebut. Diketahui kedua anak tersebut mengalami luka serpihan tembak. Satu meninggal dunia dan satu terkena tembakan di punggung," katanya.

Pihak keluarga lalu membawa kedua anak laki-laki itu ke puskesmas. Namun, karena saat itu tak ada tenaga medis, korban kembali dibawa ke rumah.

Pada Selasa (26/10) malam, pihak keluarga melaporkan kejadian itu ke Polsek Sugapa.

Pada hari yang sama, KKB juga menyerang personel TNI yang sedang berpatroli. Saat ini personel gabungan TNI-Polri masih mengejar dan melakukan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Serangan yang dilakukan KKB hingga jatuhnya korban jiwa ini mendapatkan banyak kecaman. Situasi di Papua sempat kondusif.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Blak-blakan Komjen Boy Rafli Amar, KKB Tak Ganggu PON

[Gambas:Video 20detik]