Sultan HB X Dukung Vaksinasi di Hari Sumpah Pemuda, Target 1.000 Orang

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 18:42 WIB
Sultan HB X
Foto: Pemda DIY
Jakarta -

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung kegiatan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam memperingati Sumpah Pemuda tahun ini. Diketahui, kegiatan ini berupa percepatan vaksinasi yang menargetkan sedikitnya 1.000 orang sebagai sasaran vaksinasi.

Usai menemui Sri Sultan pada Senin (25/10) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengungkap bahwa Sri Sultan siap untuk mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut. Selain dalam rangka mempercepat vaksinasi, menurutnya kegiatan ini juga memperkuat ideologi pancasila bagi warga DIY.

"Kami akan menyelenggarakan tindakan nyata Pancasila dalam tindakan yaitu vaksinasi, dan akan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kami memohon beliau Sri Sultan berkenan untuk hadir pada acara tersebut dan telah menyatakan berkenan," ungkap Yudian dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi DIY, Rabu (27/10/2021).

Yudian menambahkan gelaran acara ini diprakarsai oleh BPIP, bekerja sama dengan Polda DIY, UGM dan UIN. Menurutnya, acara ini akan berlangsung di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 28 Oktober 2021 mendatang.

Sementara itu, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono yang mendampingi Gubernur DIY bersama Kepala Kesbangpol DIY, Dewo Isnubroto membenarkan pernyataan Yudian. Benny mengatakan telah disepakati kehadiran langsung Sri Sultan dalam kegiatan vaksinasi nantinya guna memberikan dukungan moral bagi penerima vaksin.

"Pertemuan itu intinya salah satunya adalah gerakan untuk mempercepat proses vaksinasi dari BPIP. Beliau (Gubernur DIY) sangat mendukung tapi agendanya barengan dengan tanggal 28. Tapi tetap akan tetap dilaksanakan nanti beliau seperti kegiatan awalnya, lalu beliau akan menyapa semua yang divaksinasi," kata Benny.

Terkait target 1.000 orang warga sekitar UIN yang akan divaksinasi, Benny mengatakan pelaksanaannya akan berlangsung selama sehari penuh. Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan ideologi Pancasila, juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan dan kekebalan komunal bagi masyarakat.

(ega/ega)