8 Pelaku Begal Pesepeda di DKI Ditangkap, Ada yang Sudah Beraksi 30 Kali

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 18:13 WIB
Pelaku begal pesepeda di Jakarta
Pelaku begal pesepeda di Jakarta. (Yogi/detikcom)

4 Pelaku Begal Perempuan Saat Olahraga di Jakbar

Kasus pembegalan seorang perempuan yang tengah berolahraga di Pinangsia, Jakarta Barat, terjadi pada Minggu (3/10/2021). Lima pelaku kemudian diringkus polisi.

Lima pelaku itu berinisial MFI, ABA, BAP, MI, dan M. Para pelaku berperan dari eksekutor hingga penadah barang curian.

Yusri mengatakan kelima pelaku ini pun diketahui positif narkotika dari hasil tes urine.

"Motifnya sama yang bersangkutan positif narkotika karena dia gunakan untuk membeli barang haram ini. Pengakuan pelaku dan terbukti setelah tes urine yang bersangkutan positif narkotika," ungkap Yusri.

Begal Roadbiker di Sudirman

Salah satu kasus begal pesepeda yang diungkap polisi merupakan begal roadbiker di Jl Sudirman, Jakarta Selatan, pada Kamis (21/10). Aksi pelaku sempat viral di media sosial.

Yusri mengatakan pelaku yang ditangkap berinisial ABL berperan sebagai joki. Rekannya yang berperan sebagai eksekutor kini masih dalam pengejaran kepolisian.

"Tersangka kami amankan sekarang ini inisial ABL, ini jokinya. Sementara eksekutornya ini masih terus kami lakukan pengejaran tetapi identitas sudah kami ketahui," ungkap Yusri.

Pelaku ABL ditangkap pada Jumat (22/10). Barang bukti handphone korban pun berhasil diamankan polisi.

Para pelaku kini telah ditetapkan tersangka sesuai dengan peran masing-masing. Delapan pelaku ini dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.


(ygs/maa)