Sidang Suap Nurdin Abdullah

2 Saksi Meringankan Ungkap Nurdin Abdullah Kerap Bantu Pembangunan Masjid

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 17:49 WIB
Sidang suap Nurdin Abdullah. (Hermawan/detikcom)
Sidang suap Nurdin Abdullah. (Hermawan/detikcom)

Nurdin Abdullah Juga Bantu Bangun Masjid di Pulau Lae-lae

Sementara itu, kesaksian serupa datang dari penasihat masjid di Pulau Lae-lae, Arlin Aji. Dia menyebut Nurdin memang pernah datang ke wilayahnya di Pulau Lae-lae pada September 2020.

Pada saat berkunjung, kata Arlin, Nurdin menumpang speedboat. Dia kemudian mengumpulkan orang-orang yang ada di Pulau Lae-lae hingga berkumpul sekitar seribu orang.

"Bapak Nurdin Abdullah ucapan pertamanya, saya datang ke Pulau ini ingin tahu apa kesusahanmu, apa keperluanmu, apakah saya bisa bantu," ujar saksi mengenang ucapan Nurdin saat berkunjung.

Saksi kemudian menyampaikan perihal kebutuhan masjid bagi warga. Sebab, masjid di Pulau Lae-lae kondisinya sudah tak layak.

"Jadi saya mohon dengan rendah hati minta sumbangan kepada Bapak. Mudah-mudahan berkenan Bapak memberikan bantuan," ujar saksi.

Dia juga menyebut Nurdin sempat bertanya anggaran masjid yang diperlukan sehingga saksi mengaku menyebut diperlukan biaya sekitar Rp 3-4 miliar.

Saksi menambahkan, Nurdin Abdullah kemudian meminta pihak masjid memasukkan proposal ke Pemprov Sulsel.

"Dia bilang sama saya tolong kamu urus (proposal) ke Kesra dan BPKD, setelah itu saya diberikan surat pernyataan dari BPKD, ada barangkali tujuh surat pernyataan, pernyataan siap untuk diaudit, atau pernyataan yang lain," kata Arlin.

Pada akhirnya, Arlin mengaku pihaknya menerima bantuan masjid dari Pemprov Sulsel melalui Bank Sulselbar senilai Rp 2 miliar.

"Tanggal 17 bulan 11 sudah masuk dana di BPD Bank Sulselbar. Jadi setelah itu masuk dana tanggal 17, sore itu jam 7 malam saya ditelepon oleh ketua BPKD bahwa uang yang diberikan Rp 2 miliar oleh Bapak Gubernur sudah masuk di rekening masjid," katanya.

Arlin menegaskan, bantuan Rp 2 miliar datang dari Pemprov Sulsel yang proses penyerahan bantuannya diserahkan melalui Bank Sulselbar.


(hmw/nvl)